”Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 36 Semarang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (“Cooperative Learning”) Tahun 2008/2009”.


Muhammad Iqbal Birsyada , 3101405568 (2009) ”Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 36 Semarang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (“Cooperative Learning”) Tahun 2008/2009”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ”Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 36 Semarang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (“Cooperative Learning”) Tahun 2008/2009”.] PDF (”Strategi Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran Sejarah Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 36 Semarang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif (“Cooperative Learning”) Tahun 2008/2009”.) - Published Version
Download (819kB)

Abstract

Proses pembelajaran sejarah selama ini yang dilaksanakan dikelas VIIF cenderung masih menggunakan ceramah monoton, pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 36 Semarang kelas VIIF tersebut masih berpusat pada guru (Teacher Centered Learning). Model pembelajaran yang dilakukan guru sejarah kurang efektif dan menyenangkan, sehingga menyebabkan siswa menjadi jenuh dan bosan dalam belajar yang menyebabkan hasil belajarnya rendah. Media yang digunakan guru dalam membantu mengajar masih sangat terbatas. Siswa cenderung pasif dan lebih sering bertanya kepada sesama temanya daripada bertanya kepada gurunya maupun mencari dibuku. Guru belum melibatkan peran aktif siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran,diharapkan dengan model pembelajaran kooperatif(“Cooperative Learning”) siswa akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan prosentase belajarpun akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses belajar IPS Sejarah siswa kelas VIIF SMP N 36 Semarang tahun pelajaran 2008/2009 menggunakan model pembelajaran cooperative learning? (2) Bagaimana prestasi belajar IPS Sejarah siswa kelas VIIF SMP N 36 Semarang tahun pelajaran 2008/2009 setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses belajar IPS Sejarah siswa kelas VIIF SMP N 36 Semarang tahun pelajaran 2008/2009 sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning? (2) Mengetahui hasil belajar IPS Sejarah siswa kelas VIIF SMP N 36 Semarang tahun pelajaran 2008/2009 setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning?. Siswa dikatakan tuntas belajar apabila nilai rata-rata kelas kurang dari sama dengan 6,5 dengan prosentase ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 50%. Target dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa dalam kelas penelitian mencapai tuntas belajar 75 %. Dalam proses pembelajaran siswa lebih aktif baik dalam membaca materi, mencatat materi penting, bertanya, menjawab pertanyaan, kerjasama yang baik serta mengumpulkan tugas tepat waktu kesiapan belajar yang matang serta ketrampilan komunikasi sosial yang baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 6,63. siswa yang tuntas belajar 28 siswa (73,68%) dan yang tidak tuntas belajar 10 siswa (26,31%). Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 7,57, siswa yang tuntas belajar 34 siswa (89,47%) dan yang tidak tuntas belajar 4 siswa (10,52%). Dengan demikian dapat diketahui bahwa pada siklus II telah tercapai ketuntasan belajar klasikal yaitu 89,47% dari jumlah siswa dalam satu kelas dan nilai rata-rata kelas mencapai 7,57. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (“Cooperaive Learning”) dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIF SMP Negeri 36 Semarang Tahun 2008/2009.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif (“Cooperative Learning”), Prestasi Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Apr 2011 11:36
Last Modified: 25 Apr 2015 11:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item View Item