Peningkatan Kosakata Bahasa Arab Melalui Teknik Permainan “RIADI” (Rihlatul ‘Adadi) pada Siswa Kelas V MI Raudhatuth Tholibin, Pasarbatang Brebes Tahun Ajaran 2010-2011

Sugeng Riyadi,, 2303407017 (2012) Peningkatan Kosakata Bahasa Arab Melalui Teknik Permainan “RIADI” (Rihlatul ‘Adadi) pada Siswa Kelas V MI Raudhatuth Tholibin, Pasarbatang Brebes Tahun Ajaran 2010-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kemampuan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Raudlatuth Tholibin Pasarbatang Brebes masih rendah dan perlu ditingkatkan. Minimnya penggunaan kosakata bahasa Arab disebabkan oleh penggunaan metode dan teknik pembelajaran yang masih monoton, serta penggunaan media yang kurang menarik perhatian siswa untuk mengeksplor kosakata yang dimiliki. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah yang diangkat : (1) Bagaimana penerapan teknik permainan “Riadi” (Rihlatul ‘Adadi) untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas V MI Raudlatuth Tholibin? (2) Bagaimana peningkatan perbendaharaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V MI Raudlatuth Tholibin dengan penerapan teknik permainan “Riadi” (Rihlatul ‘Adadi) dalam pembelajaran bahasa Arab? (3) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas V MI Raudlatuth Tholibin pada penguasaan kosakata bahasa Arab dengan penerapan teknik permainan ”Riadi” (Rihlatul ‘Adadi ). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Raudlatuth Tholibin Pasarbatang Brebes yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes melalui pemahaman kosakata dalam permainan dan soal pilihan, sedangkan non-tes melalui obeservasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata siswa pada siswa siklus I sebesar 74,03 dan 85,56 pada siklus II. Dapat diketahui juga bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari tiap pertemuan. Prosentase tersebut adalah 1,45%, dari pertemuan I ke pertemuan II. Dan 4,52% dari pertemuan II ke pertemuan III. Selanjutnya 1,04% dari pertemuan III ke pertemuan IV. Selain itu, hasil nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Bahasa Arab, Teknik Permainan “RIADI”
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Oct 2012 23:16
Last Modified: 18 Oct 2012 23:16

Actions (login required)

View Item