Efektivitas Penggunaan Teknik Make a Match dalam Meningkatkan Penguasaan Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang pada Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Semarang
Dewi Nilam.Sari, 2302408046 (2012) Efektivitas Penggunaan Teknik Make a Match dalam Meningkatkan Penguasaan Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang pada Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Efektivitas Penggunaan Teknik Make a Match dalam Meningkatkan Penguasaan Pola Kalimat Dasar Bahasa Jepang pada Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Semarang)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa asing khususnya bahasa Jepang, pola kalimat merupakan aspek penting dalam menunjang kemampuan berbahasa. Dengan memperhatikan pola kalimat, siswa dapat menyimak bacaan, memahami maksud suatu kalimat, dan mengemukakan pendapat, ide atau gagasannya secara lisan maupun tulisan. Berdasarkan pengalaman penulis dan informasi yang diperoleh dari beberapa siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang, ketika membuat kalimat siswa mengalami kesulitan terutama dalam hal menyusun kalimat. Hal tersebut dikarenakan kurang adanya inovasi dalam proses pembelajaran, sehingga motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Jepang sangatlah kurang. Upaya untuk meningkatkan penguasaan pola kalimat dasar bahasa Jepang, penulis mencoba menerapkan teknik make a match dalam pembelajaran pola kalimat dasar bahasa Jepang. Teknik make a match ini dibuat dengan modifikasi untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran pola kalimat dasar bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik make a match dalam meningkatkan penguasaan pola kalimat dasar bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu true eksperimental design atau eksperimen murni, dengan desain penelitian kelas eksperimen-kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Semarang tahun 2012. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapat informasi mengenai daftar nama siswa yang menjadi responden. Metode tes digunakan untuk memperoleh data penguasaan pola kalimat berupa post-test. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian menggunakan rumus KR 20. Berdasarkan hasil analisis data tes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 92, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 83.29. Analisis tes berdasarkan tabel ttest dengan taraf kepercayaan 5% untuk N-1(68-1) adalah 2.00. Perhitungan ttest diperoleh thitung = 4.43. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik make a match efektif dalam meningkatkan penguasaan pola kalimat dasar bahasa Jepang pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, make a match, pola kalimat |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 03:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2012 03:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16043 |
Actions (login required)
View Item |