Pengembangan CD interaktif Pada Pembelajaran Membaca Nyaring Bahasa Prancis Untuk SMA Kelas XI Di Kota Jepara


Zahratun Nisa,, 2301407032 (2012) Pengembangan CD interaktif Pada Pembelajaran Membaca Nyaring Bahasa Prancis Untuk SMA Kelas XI Di Kota Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301407032a.docx] Microsoft Word
Download (13kB)
[thumbnail of Pengembangan CD interaktif Pada Pembelajaran Membaca Nyaring Bahasa Prancis Untuk SMA Kelas XI Di Kota Jepara] Microsoft Word (Pengembangan CD interaktif Pada Pembelajaran Membaca Nyaring Bahasa Prancis Untuk SMA Kelas XI Di Kota Jepara) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Membaca nyaring merupakan aktifitas antara guru dan siswa atau pembaca dengan pendengar untuk bersama-sama memahami makna suatu bacaan. Sebagian besar siswa SMA yang mempelajari bahasa Prancis, mengeluhkan masalah pengucapan bahasa Prancis, dikarenakan bahasa Prancis memiliki cara pengucapan bahasa yang berbeda dengan bahasa Indonesia, selain itu kurangnya media menjadi salah satu kendala dalam pembelajaran membaca nyaring bahasa Prancis, karena selama pembelajaran, guru selalu meminta siswa untuk menirukan guru. Sehingga peneliti membuat CD interaktif membaca nyaring bertujuan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari membaca nyaring bahasa Prancis. Dalam pembuatan CD interaktif membaca nyaring bahasa Prancis, software yang digunakan adalah macromedia flash. Desain produk ini, terdiri dari 1 tampilan utama dan 8 sub-sub tampilan, sub-sub tampilan tersebut berisi alphabet, semi voyelle, nasal, voyelle, intonation, liaison, consonne, syllabe, serta terdapat evaluation di setiap sub-sub tampilan CD interaktif tersebut. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan). Langkah-langkah penelitian Research and Development meliputi 10 tahap, di antaranya: (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Dari kesepuluh langkah tersebut, penelitian ini hanya mengadopsi lima langkah yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain dengan alasan keterbatasan waktu untuk ujicoba dan langkah-langkah berikutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa maupun guru membutuhkan media membaca nyaring bahasa Prancis. Media membaca nyaring ini bermanfaat bagi siswa maupun guru SMA dalam kegiatan proses pembelajaran. Karena media ini berisi unsur-unsur membaca nyaring bahasa Prancis dan terdapat evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD interaktif, Membaca Nyaring
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2012 02:10
Last Modified: 19 Oct 2012 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16040

Actions (login required)

View Item View Item