Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui variasi bola plastik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Bantarbolang kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun 2012
Heriyanto, 6102910176 (2012) Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui variasi bola plastik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Bantarbolang kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui variasi bola plastik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Bantarbolang kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun 2012)
- Published Version
Download (26kB) |
Abstract
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah kurang tercapainya hasil pembelajaran karena banyaknya siswa yang tidak tertarik dan merasa takut dengan berat bola saat melakukan gerakan, dan siswa lebih menyukai pembelajaran cabang olahraga lainnya. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Apakah upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui variasi bola plastik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Bantarbolang kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang tahun 2012 ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk menghasilkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli melalui penggunaan variasi bola plastik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 07 Bantarbolang Teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa, instrumen analisis gerak dasar serta tes praktik Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV Dasar Negeri 07 Bantarbolang kecamatan Bantarbolang kabupaten Pemalang, yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 30 dengan rincian siswa 7 siswa putri dan 23 siswa putra.. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran gerakkan passing bawah bola voli melalui variasi bola plastik. Aktivitas peneliti dalam mengajar gerakkan passing bawah bola voli melalui variasi bola plastik pada siklus pertama 75 %, sedang pada siklus kedua setelah melakukan perbaikan pada RPP, aktivitas peneliti dalam mengajar mencapai 92 %. Pada siklus kedua ini mengalami kenaikan sebesar 17%, dengan indikator ketercapaian aktivitas peneliti dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 80%, dan hasil dari siklus kedua dikatakan berhasil dan mempunyai kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 73 %, sedangkan pada siklus kedua setelah melakukan perubahan skenario pembelajaran di RPP, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 93 %, hal ini berarti ada kenaikan sebesar 20% pada pelaksanaan siklus kedua. Dari penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan siswa sudah merasa senang dengan adanya pembelajaran gerakkan passing bawah bola voli malalui rangkaian gerakan dengan alat bantu variasi bola plastik, siswa juga sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran, serta hasil belajar siswa dalam gerakkan passing bawah bola voli lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya, Peneliti juga mengajukan saran, yaitu: 1) Bagi siswa, agar meningkatkan semangat belajar siswa dalam kondisi dan keadaan apapun, ketahuilah bahwa belajar itu sangat menyenangkan dan menjadikan diri siswa lebih berprestasi, serta kembangkanlah potensi dan skill sesuai dengan apa yang disukai, 2) Bagi guru, agar menggali ide-ide yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, ciptakanlah pembelajaran yang praktis, aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan, gembira dan berbobot.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 02:05 |
Last Modified: | 19 Oct 2012 02:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16037 |
Actions (login required)
View Item |