Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Praktik Terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N I Bangsri Tahun Ajaran 2011/2012

Aditya Putri, 7101408094 (2012) Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Praktik Terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N I Bangsri Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan data kehadiran yang diperoleh dari Absensi Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Bangsri diketahui bahwa sering terjadi pelanggaran yang dilakukan siswa seperti membolos dan datang terlambat dalam mengikuti pelajaran. Keterbatasan alat peraga yang digunakan memberikan peluang bagi siswa yang sedang menunggu giliran melakukan praktik . berdasarka latar belakang tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai,“Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Praktik Terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N I Bangsri Tahun Ajaran 2011/2012.” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N I Bangsri yang berjumlah 73 siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Disiplin Belajar (X1), Fasilitas belajar (X2), dan Prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data. dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Metode Analisis Data yang digunakan meliputi Uji Validitas dan Realibilitas, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh secara parsial Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N I Bangsri Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 55,65%. ada pengaruh Fasilitas Praktik terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N I Bangsri Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 11,63%, dan ada pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Praktik terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK N I Bangsri Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 92,20%. Saran yang dapat penulis sampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah guru dapat menerapkan sanksi yang bersifat mendidik seperti memberikan tugas tambahan untuk siswa yang sengaja tidak mengikuti pelajaran tanpa alasan yang jelas, Perlu dilakukannya peningkatan fasilitas belajar agar prestasi belajar siswa dapat optimal, dan guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang variatif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Fasilitas Praktik dan Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:55
Last Modified: 18 Oct 2012 21:55

Actions (login required)

View Item