Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Novel Remaja Menggunakan Metode Think-Pair-Share pada Siswa Kelas XI MA Al-Faizin Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013


Tri Kurniawan , 2101405681 (2012) Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Novel Remaja Menggunakan Metode Think-Pair-Share pada Siswa Kelas XI MA Al-Faizin Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan     Kemampuan     Mengapresiasi    Novel   Remaja  Menggunakan Metode Think-Pair-Share  pada Siswa Kelas XI MA Al-Faizin Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013] Microsoft Word (Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Novel Remaja Menggunakan Metode Think-Pair-Share pada Siswa Kelas XI MA Al-Faizin Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013) - Published Version
Download (26kB)

Abstract

Dengan pembelajaran bersastra, siswa diharapkan mampu menikmati, memahami, dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadiannya, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Pembelajaran sastra meliputi banyak bidang, salah satunya adalah pembelajaran mengapersiasi novel remaja. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberikan kepada siswa waktu untuk berpikir, menjawab, merespon dan membantu satu sama lain. Langkah-langkah Think Pair Share ada tiga yaitu berpikir (thinking), berpasangan (pairing), dan berbagi (sharing)". Melalui metode ini penyajian bahan ajar tidak lagi membosankan karena siswa diberikan waktu untuk berdiskusi menyelesaikan suatu masalah atau soal bersama dengan pasangannya sehingga baik siswa yang pandai maupun siswa yang kurang pandai sama-sama memperoleh manfaat melalui aktivitas belajar ini. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share diharapkan kemampuan siswa dalam mengapresiasikan novel remaja menjadi lebih meningkat. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka masalah yang akan diambil peneliti yaitu (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan mengapresiasi novel remaja siswa kelas XI MA Al-Faizin Guyangan Bangsri Jepara dengan menggunakan metode Think Pair Share melalui media novel remaja; dan (2) bagaimanakah perubahan sikap dan perilaku siswa kelas XI MA Al-Faizin Guyangan Bangsri Jepara setelah digunakan metode Think Pair Share melalui media novel remaja. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang didefinisikan sebagai bentuk kajian yang bersifat reflektif. Praktik pembelajaran tersebut terbagi menjadi dua tahapan, yaitu siklus I dan siklus II. Siklus ini terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan mengapresiasi novel dengan model Think Pair Share dengan media novel remaja pada Siswa Kelas XI MA Al-Faizin Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini diperoleh dari siklus I dan siklus II. Hasil tes siklus I dan siklus II dalam mengapresiasi novel remaja dengan menggunakan metode Think Pair Share sedangkan hasil nontes dari observasi, jurnal, dan dokumentasi foto. Hasil tes siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,70 dalam kategori cukup sedangkan Siklus II naik menjadi 4,47 dalam kategori baik. Hasil skor penilaian kemampuan mengapresiasi novel dengan aspek aspek penguasaan unsur-unsur novel untuk unsur instrinsik Siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,84 naik menjadi 89,78 pada Siklus II. Jika dalam siklus I masih ada yang bicara dengan temannya, siswa yang melamun, dan siswa yang mengerjakan tugas pelajaran lain. Berbeda dengan siklus II terjadi perubahan perilaku dalam proses pembelajaran. Perubahan ini ke arah yang lebih positif jika dibandingkan dengan siklus I. Berkenaan dengan hasil penelitian peningkatan keterampilan mengapresiasi novel remaja menggunakan metode Think Pair Share pada siswa kelas XI MA Al Faizin Guyangan Bangsri Jepara, saran dari peneliti adalah saran pemanfaatan, metode Think Pair Share dapat digunakan guru dalam pembelajaran mengapresiasi novel untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam bidang bersastra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: apresiasi, novel, think pair share
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2012 01:03
Last Modified: 19 Oct 2012 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16025

Actions (login required)

View Item View Item