Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Media Bola Gantung Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gedongsari Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung 2012.

Sarah Catur Indrawati , 6102910178 (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Media Bola Gantung Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gedongsari Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena dengan adanya pendidikan diharapkan manusia dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kreativitasnya. Latar belakang permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah ketidakberhasilan suatu pembelajaran sesuai dengan tujuan dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana. Sehingga penulis perlu mengadakan penelitian dalam pelajaran olahraga. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa tinggi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV dalam mengikuti peningkatan belajar lompat jauh dengan menggunakan media bola gantung di SD Negeri 1 Gedongsari. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi penelitian ini adalah SD Negeri 1 Gedongsari yang berjumlah 110 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah Kelas IV sebanyak 19 siswa. Variabel penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, unjuk kerja dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan adanya peningkatan yang lebih baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata hasil penilaian siswa pada siklus I dan siklus II, Hasil unjuk kerja (psikomotorik) selama siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata nilainya 37 % masuk dalam kategori baik, 52% masuk dalam kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II yaitu 68% masuk dalam kategori baik dan 11% masuk dalam kategori sangat baik. Dengan begitu hasil rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 77 pada siklus I dan 82 pada siklus II mengalami peningkatan. Hasil pengamatan afektif selama siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata persentase mencapai 87,24% masuk dalam kategori baik, pada siklus II persentase rata-rata mencapai 90,66% masuk dalam kategori sangat baik. Hasil kognitif selama siklus I dan II mengalami peningkatan 3,42% yaitu siklus I 86,32% sedangkan siklus II 89,74% masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran antara lain : 1) Pembelajaran lompat jauh melalui media bola gantung dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Gedongsari, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung 2) Bagi guru hendaknya dapat mempertahankan metode mengajarnya yang telah baik serta selalu berinovasi dalam penggunaan metode mengajar maupun sarana prasarana yang ada di sekolah agar mampu memotivasi siswa lebih aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, dan 3) Bagi sekolah diharapkan untuk senantiasa berusaha meningkatkan sarana dan prasarana dalam mata pelajaran penjas seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan jasmani saat ini

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 17:29
Last Modified: 18 Oct 2012 17:29

Actions (login required)

View Item