Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tekhnik Shooting melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V Sdn 2 Sambongsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendaltahun 2011-2112

Adwin Namora Solna Hidayanto , 6102910171 (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tekhnik Shooting melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V Sdn 2 Sambongsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendaltahun 2011-2112. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pembelajaran dengan bermain dapat meningkatkan hasil belajar teknik shoting pada Sepak bola bagi siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Sambongsari? “. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas siswa kelas V SD Negeri 2 Sambongsari Semester II tahun 2011/2012, Penelitian dilaksanakan berlokasi di kampus SD Negeri 2 Sambongsari. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini diawali dengan melaksanakan pree tes kemampuan menendang dan mendribel bola siswa kemudian disusun langkah-langkah sesuai dengan identifikasi masalah yang digunakan. Tindakan diprogramkan dalam dua siklus: 1) SikIus I, Pembelajaran sepak bola diawali dengan permainan yang paling sederhana sepak bola pada siswa yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok dengan jumlah bola yang ada masing-masing kelompok 1 buah. 2) Siklus II, Pembelajaran shooting yang diawali dengan permainan pada siswa yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok dengan jumlah bola masing-masing kelompok 1 buah bola. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik tes dan observasi, data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dengan prosentase. Hasil dari penelitian ini yaitu: didasarkan pada data hasil penelitian prosentase dan kondisi hasil pre test maupun dari siklus I dan siklus II, yaitu hasil pretest nilai rata-rata kemampuan mendribel bola dan menendang ke sasaran sebesar 63,8 menjadi 67,2 pada pelaksanaan tindakan siklus I, dan meningkat lagi menjadi 73,7 pada pelaksanaan tindakan siklus II. Pada kondisi awal skor total perolehan pencapaian kuantitatif terhdap proses pembelajaran sebesar 63,8 atau 63,8%. Pencapaian ini meningkat 5% pada siktus I, yaitu menjadi 67,2%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 71.7% atau naik I 2% dari kondisi awal, Meningkatnya proses pembelajaran secara logis akan mendorong meningkatnya prestasi belajar, yang dalam konteks ini adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam melakukan gerakan menendang. Simpulan penelitian ini mengacu dari hasil penelitian terhadap kemampuan teknik shooting pada siswa kelas V SDN 2 Sambongsari, maka penulis memberikan saran berdasarkan hasil penelitian antara lain : Guru Penjasorkes untuk lebih meningkatkan kompetensi pedagogiknya yaitu dalam merancang, menyusun, melaksanakan pembelajaran dan evaluasi melalui berbagai metode

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik Shooting, Sepak bola
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 17:26
Last Modified: 18 Oct 2012 17:26

Actions (login required)

View Item