Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Drible Pada Permainan Bola Basket Dengan Menggunakan Modifikasi Permainan Pada Siswa Kelas.V Sd Negeri Slaranglor 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal
Arief Christianto , 6102910096 (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Drible Pada Permainan Bola Basket Dengan Menggunakan Modifikasi Permainan Pada Siswa Kelas.V Sd Negeri Slaranglor 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Drible Pada Permainan Bola Basket Dengan Menggunakan Modifikasi Permainan Pada Siswa Kelas.V Sd Negeri Slaranglor 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal)
- Published Version
Download (29kB) |
Abstract
Melihat kondisi sekolah saya yang tidak begitu memperhatikan masalah sarana dan prasarana terutama pada permainan bola basket.Oleh karena itu,disini saya ingin memberikan pembelajaran modifikasi permainan bola basket yang tentunya dapat diserap dan dipraktekan siswa kelas.V dengan memfokuskan pada teknik dasar yang paling utama yaitu teknik dasar drible. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar drible pada permainan bola basket dengan menggunakan modifikasi permainan pada siswa kelas.V SD Negeri Slaranglor 02. Metode penelitian ini menggunakan metode: subyek penelitian,obyek penelitian,lokasi penelitian,waktu penelitian,tekhnik pengumpulan data,instrumen pengumpulan data,Siklus I,siklus II, analisis data alat pengumpulan data. Berdasarkan metode tersebut maka dapat diketahui bahwa hasil penelitian itu jelas ada peningkatan prestasi dan pengetahuan.prestasi nilai rata-rata siswa naik dari siklus I meningkat,dan siklus II mengalami peningkatan Dari seluruh pelaksanaan penelitian tindakan kelas di kelas.V SD Negeri Slaranglor 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan Pembelajaran teknik drible dengan menggunakan bola basket ringan Pada Siswa Kelas.V SD Negeri Slaranglor 02 Kabupaten tegal terbukti dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa dilihat dari hasil siklus I dan siklus II.tingkat pengetahuan siswa tentang teknik drible juga mengalami peningkatan mulai dari kondisi siklus I dan siklus II. Berdasarkan pengalaman selama penelitian tindakan kelas ini dapat diambil saran-saran yaitu dalam kegiatan proses pembelajaran di atas guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa,tujuan pembelajaran dan juga perlu memperhatikan materi pelajaran yang akan disampaikan serta proses pembelajaran dapat termotifasi dengan baik dari guru maupun siswa ,terutama pada siswa agar timbul rasa percaya diri,merasa senang,tertarik dan timbul sikap positif pada pembelajaran penjasorkes terutama dalam pembelajaran bola basket
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modifikasi pembelajaran, hasil belajar dan kinerja guru penjasorkes |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 18 Oct 2012 21:05 |
Last Modified: | 18 Oct 2012 21:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16013 |
Actions (login required)
View Item |