Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Tinggi Melalui Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas VA SDI Setono 01 Pekalongan Tahun Pelajaran 2011 / 2012


Misbah Huddin , 6102910088 (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Tinggi Melalui Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas VA SDI Setono 01 Pekalongan Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Tinggi Melalui Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas VA SDI Setono 01 Pekalongan Tahun Pelajaran 2011 / 2012] Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Kemampuan Lompat Tinggi Melalui Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas VA SDI Setono 01 Pekalongan Tahun Pelajaran 2011 / 2012) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang tepat dalam pembelajaran lompat tinggi sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Rumusan masalah tersebut diteliti melalui pendekatan bermain lompat tali. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle melalui pendekatan bermain lompat tali untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes unjuk kerja, sikap siswa, serta perilaku siswa yanglebih baik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian menggunakan metode pendekatan bermain lompat tali sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa Kelas VA SD Islam Setono 01 Kecamatan Pekalongan Kota Pekalongan. Adapun populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Islam Setono 01 Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel yang digunakan adalah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa putra dan 12 siswa putri. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar selama pelaksanaan tes. Hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, baik dari peningkatan nilai rata-rata pembelajaran lompat tinggi gaya straddle maupun nilai ketuntasan hasil belajar. siklus I (64,71%), siklus II (91,18%) untuk ranah kognitif, siklus I (52,94%), Siklus II (88,24%) untuk ranah afektif, dan siklus I (41,18%), Siklus II (94,12%) untuk ranah psikomotor. Motivasi siswa dalam pembelajaran penjas orkes, khususnya materi lompat tinggi dengan permainan lompat tali mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pendekatan bermain lompat tali dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas V SD Islam Setono 01 Pekalongan Tahun Pelajaran 2011-2012. Saran penelitian ini penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain Lompat Tali
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2012 21:00
Last Modified: 18 Oct 2012 21:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16012

Actions (login required)

View Item View Item