Efektivitas Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan metode ceramah pokok bahasan badan usaha dan perusahaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2008/2009.


Rani Fatmawati , 3301405049 (2009) Efektivitas Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan metode ceramah pokok bahasan badan usaha dan perusahaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan metode ceramah pokok bahasan badan usaha dan perusahaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2008/2009.] PDF (Efektivitas Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan metode ceramah pokok bahasan badan usaha dan perusahaan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2008/2009.) - Published Version
Download (349kB)

Abstract

Pada proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi di SMP Teuku Umar Semarang diketahui bahwa siswa berkosentrasi pada proses pembelajaran hanya awal pelajaran saja, kebiasaan ini berdampak buruk pada hasil belajar siswa. Penggunaan metode yang masih konvensional yaitu metode ceramah juga mempengaruhi proses pembelajaran yang cenderung membuat siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran yang lebih inovatf dan konstruksif, salah satunya model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMP Teuku Umar Semarang diketahui prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII belum maksimal, ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian bahwa nilai evaluasi yang dilakukan oleh guru masih banyak dijumpai beberapa nilai yang berada dibawah batas minimal ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tersebut maka diterapkan model pembelajaran numbered heads together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Heads Together pada pokok bahasan badan usaha dan perusahaan lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2008/ 2009. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan terpilih kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan VII 3 sebagai kelas kontrol. Dari hasil akhir penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 6,8 dan kelas kontrol 6,4. Dari perhitungan uji ketuntasan, diperoleh thitung = 2, 09 dan ttabel = 2, 00 (α = 5%, dk = 63). Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak. Hal ini berarti rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah (1) Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa lebih optimal (2) Model pembelajaran Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Metode Ceramah, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Apr 2011 03:10
Last Modified: 25 Apr 2015 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item