PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN “TEKNIK FASTWRITING” MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS X-4 SMA KESATRIAN SEMARANG


Fransiska Puspita Arum , 2101405588 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN “TEKNIK FASTWRITING” MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS X-4 SMA KESATRIAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN “TEKNIK FASTWRITING” MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS X-4 SMA KESATRIAN SEMARANG] PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN “TEKNIK FASTWRITING” MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS X-4 SMA KESATRIAN SEMARANG) - Published Version
Download (771kB)

Abstract

Pada umumnya dalam situasi resmi siswa SMA masih mengalami kesulitan untuk menuliskan gagasan atau ide-idenya dengan baik dan benar. Hal ini juga dialami oleh sebagian besar siswa SMA Kesatrian 1 Semarang. Kesulitan menulis cerpen disebabkan oleh tiga faktor yaitu : faktor guru, faktor siswa, dan faktor media serta teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran. Masalahmasalah yang dialami siswa meliputi kesulitan mengeluarkan ide, kehabisan bahan, tidak tau bagaimana memulai menuliskan sebuah cerita, dan sulit menyusun kalimat dalam bahasa indonesia yang baik dan benar. Masalah yang dialami guru yaitu kurang memberikan respon terhadap pembelajaran menulis cerpen sehingga sering dilewati, tidak memanfaatkan media yang tersedia, kurang kreatif dalam pengembangan potensi diri para siswa. Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut peneliti memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya adalah dengan menggunakan Teknik Fastwriting (Menulis Cepat) dan dengan adanya media audio visual. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah 1) apakah dengan penggunaan media audio visual dan teknik fastwriting dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen, dan 2) pengaruh penggunaan media audio visual dan teknik fastwriting dalam menulis cerpen terhadap perubahan tingkah laku siswa dalam proses pembelajaran menulis cerpen. Tujuan penelitian ini yaitu 1) menunjukkan dan membuktikan seberapa besar peningkatan keterampilan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan teknik fastwriting melalui media audio visual, 2) menunjukan dan membuktikan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan teknik fastwriting melalui media audio visual. Berdasarkan rumusan masalah dari hasil penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa melalui teknik fastwriting dengan menggunakan media audio visual keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-4 SMA Kesatrian 1 Semarang mengalami peningkatan 12,33 atau 16,17%. Hasil rata-rata tes menulis cerpen siklus I sebesar 63,92 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,25 atau meningkat sebesar 16,17 %. Perolehan ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan teknik fastwriting menggunakan media audio visual pada siswa kelas X-4 SMA Kesatrian 1 Semarang dapat meningkat dan berhasil. Sedangkan perilaku siswa kelas X-4 SMA Kesatrian 1 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan teknik fastwriting menggunakan media audio visual mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa yang kelihatan lebih serius dan bersemangat dalam melaksanakan kegiatan menulis cerpen. Selanjutnya, dari hasil penelitian tersebut maka penulis menyarankan beberapa hal dalam rangka mengembangkan kemampuan menulis cerpen sebagai berikut 1)para guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya memandang bahwa pembelajaran menulis cerpen merupakan bagian yang penting dan tak terpisahkan dari mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, sehingga pembelajaran menulis cerpen ini hendaknya mendapat porsi yang cukup dan tidak dilewati begitu saja. 2)para guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya lebih bervariasi dalam memilih teknik dan media pembelajaran agar siswa menjadi lebih berminat mengikuti proses pembelajaran dan tidak merasa jenuh. Salah satu altematif dalam menggunakan media pembelajaran adalah penggunaan Teknik Fastwriting yang tentunya didukunga denga adanya media audio visual yang telah terbuku dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam mengikuti pernbelajaran menulis cerpen secara aktif dan menyenangkan. Hal ini dimungkinkan karena siswa lebih banyak menggunakan alat inderanya yang mencakup pendengaran dan penglihatan. 3)Para guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya mengembangkan penggunaan media audio visual secara kreatif dan efektif misalnya dengan cara memperbanyak jenis cerita dan bahan ajar lain yang berhubungan kesusastraan. 4)Hendaknya media audio visuai juga digunakan pada mata pelajaran yang lain secara bervariasi dengan media-media yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, Teknik Fastwriting ( menulis cepat)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 03:18
Last Modified: 25 Apr 2015 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item