Peningkatan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Gunting Melalui Permainan Dengan Media Karet Pada Siswa Kelas V SDN Karangmulya 02 Kec. Bojong Kab. Tegal Tahun 2012

Edi Budiaji, 6102910007 (2012) Peningkatan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Gunting Melalui Permainan Dengan Media Karet Pada Siswa Kelas V SDN Karangmulya 02 Kec. Bojong Kab. Tegal Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan “Bagaimana peningkatan pembelajaran lompat tinggi gaya gunting melalui permainan dengan media karet pada siswa kelas V SDN Karangmulya 02 Kec. Bojong Kab. Tegal tahun 2012 ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran lompat tinggi gaya gunting melalui permainan dengan media karet pada siswa kelas V SDN Karangmulya 02 Kec. Bojong Kab. Tegal tahun 2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangmulya 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Dibantu oleh seorang rekan guru yang bertugas sebagai observer. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi dan angket siswa/kuisioner. Instrumen dalam penelitian ada 3 aspek yaitu Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentasi. Hasil penelitian yang menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas pada Peningkatan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Gunting Melalui Permainan Dengan Media Karet Pada Siswa Kelas V SDN Karangmulya 02 Kec. Bojong Kab. Tegal Tahun 2012 dengan katagori : Sangat baik 80-100%, baik 60-79%, cukup baik 40-59%, kurang baik 20-39% dan sangat kurang 0-19%. Dengan hasil tindakan pada siklus I mencapai 78,4% dan pada siklus II mencapai 91,7%. Sehingga dalam penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Dari hasil penelitian peningkatan pembelajaran lompat tinggi gaya gunting melalui permainan dengan media karet pada siswa kelas V SD Negeri Karangmulya 02 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 secara umum dapat disimpulkan dengan kategori Baik sekali karena pada penelitian siklus II hasilnya mencapai 91,7%. Berdasarkan kesimpulan disarankan agar guru mengupayakan pembelajaran lompat tinggi gaya gunting melalui permainan dengan media karet akan dapat membuat siswa menjadi senang dan menyenangi dalam pembelajaran tersebut yang pada akhirnya dapat memperbaiki dan memotivasi dalam proses pembelajaran lompat tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Gunting, Lompat tinggi, Media Karet
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Oct 2012 16:56
Last Modified: 17 Oct 2012 16:56

Actions (login required)

View Item