KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BACAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2009/2010 UNNES


Septyana Ika Pertiwi , 2302406004 (2011) KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BACAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2009/2010 UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BACAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2009/2010 UNNES] PDF (KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BACAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG ANGKATAN 2009/2010 UNNES) - Published Version
Download (756kB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan yang berkaitan dengan komunikasi secara tertulis, oleh karena itu diperlukan pengetahuan yang berkaitan dengan kebahasaan (huruf, suku kata, frase, klausa, kalimat, wacana, semantik, dan intonasi) dan non-kebahasaan (tema, judul, setting, suasana, alur, organisasi tulisan). Dalam bahasa Jepang, ketika melakukan proses membaca diperlukan pemahaman tentang tata bahasa (bunpo), kemampuan membaca kanji dan kana, serta penguasaan kosakata. Penguasaan kosakata diperlukan untuk mengetahui informasi dalam sebuah teks bacaan berbahasa Jepang. Oleh karena itu diperkirakan terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca teks bacaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca teks bacaan mahasiswa program studi Pendidikan bahasa Jepang Angkatan 2009/2010 UNNES Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan atau memaparkan hasil tes penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca teks bacaan untuk mencari korelasi penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca teks bacaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang Angkatan 2009/2010. Sampel diambil dengan teknik sampel random. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengambil data berupa kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang dan penggunaan kosakata tersebut dalam menulis. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrument penelitian menggunakan teknik belah dua. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Analisa hasil tes menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment adalah 0,636 yang lebih besar dari pada nilai r kritik Product Moment yaitu 0,444 pada taraf kepercayaan 95% dan 0,575 pada taraf kepercayaan 99%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pada mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2009/2010.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kosakata, Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 02:30
Last Modified: 25 Apr 2015 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item