PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI DI SMK PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN SE-KABUPATEN WONOGIRI


Intan Purnama Sari, 7101406139 (2011) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI DI SMK PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN SE-KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI DI SMK PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN SE-KABUPATEN WONOGIRI] PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI DI SMK PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN SE-KABUPATEN WONOGIRI) - Published Version
Download (955kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal pada guru akuntansi yang menunjukkan bahwa kinerja guru akuntansi belum optimal. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif, belum maksimalnya pembuatan kerangka KBM, guru mengajar tidak sesuai dengan kurikulum, dan kedisiplinan guru yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru Akuntansi di SMK se-Kabupaten Wonogiri secara parsial maupun simultan. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 47 guru Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Metode pengumpulan data dengan metode angket. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata kinerja guru akuntansi dalam kategori cukup, kepemimpinan kepala sekolah dalam kategori baik dan disiplin kerja guru dalam kategori cukup. Hasil analisis regresi dengan SPSS 17.0 menunjukkan terdapat pengaruh secara parsial antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru akuntansi sebesar 21,16%, terdapat pengaruh secara parsial antara disiplin kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi sebesar 25,20%, dan terdapat pengaruh secara simultan antara kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi sebesar 44,30%. Simpulan secara parsial dan simultan kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru Akuntansi SMK se- Kabupaten Wonogiri. Saran yang dapat penulis berikan yaitu: kepala sekolah harus mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh guru dan mengembangkan potensi sekolah secara maksimal sehingga dapat memajukan sekolah, kepala sekolah perlu memberikan penghargaan atas prestasi kerja yang dicapai guru sehingga guru dapat meningkatkan kinerjanya, guru harus senantiasa meningkatkan kualifikasi akademiknya agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia pendidikan, pendidikan dan pelatihan guru harus ditingkatkan agar guru memiliki bekal yang memadai untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kedisiplinan guru harus senantiasa ditingkatkan agar dapat menyelesaikan tugasnya tepat waktu dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik. --------------------------------------------------------> This research background results of preliminary observations on accounting teacher who showed that accounting teacher performance is not optimal. It can be seen from the use of innovative learning methods that are less, not maximal production of teaching and learning framework, teacher do not teach in accordance with the curriculum, and teachers work discipline who are less. This study aims to determine influence the leadership of school principals and the teachers work discipline on the performance of accounting teacher at Vocational High School as Wonogiri district partially or simultaneously. This study involves a population of 47 accounting teachers. This research type is quantitative correlation approach. The methods of data collection by questionnaire method. The data analysis methods used in this research is descriptive percentage. Hypothesis testing using multiple regression analysis. The descriptive analysis results showed average teacher performance in the category of enough, the principal’s leadership in the category of good, and the teachers work discipline in the category of enough. The results of regression analysis with SPSS 17.0 shows that there is a partial influence of the principal’s leadership on the accounting teacher performance at 21,16%, there is a partial effect between the teachers work discipline on the accounting teacher performance at 25,20%, there is simultaneous influence among the leadership of school principals and teachers work discipline on the accounting teacher performance at 44,30%. The conclusion partially and simultaneously the leadership of school prinsipals and teachers work discipline influence on the performance of accounting teacher at Vocational High School as Wonogiri district.the advice that is given to the author: the principals must develop the capabilities of the teachers and schools to develop the potential of the maximum so as to promote school, the principals need to recognize outstanding performance achieved by teachers so that teachers can improve their performance, teachers must constantly improve the academic qualifications to adjust to the development of the education world, education and training for teacher should be enhanced for teacher to have adequate provision to be able to carry out their duties properly, discipline teachers must always be improved in order to complete tasks on time and can become a role model for students.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru Akuntansi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja Guru. The Performance of Accounting Teacher, The Leadership of School Principals, Teachers Work Discipline.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 02:23
Last Modified: 25 Apr 2015 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item