Studi Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Takraw pada Klub Morobuhunto dan Klub Pandansari Kabupaten Kendal Tahun 2012


Rangga Ganapati, 6250406016 (2012) Studi Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Takraw pada Klub Morobuhunto dan Klub Pandansari Kabupaten Kendal Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Takraw pada Klub Morobuhunto dan Klub Pandansari Kabupaten Kendal Tahun 2012] Microsoft Word (Studi Pembinaan Prestasi Olahraga Sepak Takraw pada Klub Morobuhunto dan Klub Pandansari Kabupaten Kendal Tahun 2012) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Permasalahan tentang studi pembinaan prestasi olahraga sepak takraw di Klub Morubohunto dan Klub Pandasari Kabupaten Kendal dalam hal pembinaan, permainan, prinsip dasar latihan, cara pembinaan prestasi, motivasi, legalitas pelatih, organisasi klub, dan sarana prasarana klub. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembinaan prestasi olahraga sepak takraw pada Klub Morobuhunto dan Klub Pandansari Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian sepak takraw di Klub Morobuhunto dan Klub Pandasari Kabupaten Kendal. Sumber data didapatkan dari atlet, pelatih, dan pengurus dari kedua klub tersebut. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Hasil penelitian secara umum pembinaan prestasi olahraga sepak takraw pada Klub Morobunto dan Klub Pandasari di Kabupaten Kendal sudah cukup baik. Unsur atlet, pelatih, dan pengurus dalam hal (1) pembinaan, (2) permainan, (3) prinsip dasar latihan, (4) pembinaan prestasi, (5) motivasi, (6) organisasi, dan (7) legalitas pelatih semua berkriteria sangat tinggi. Hanya unsur sarana prasarana kedua klub sepak takraw terjadi dua perbedaan, yaitu dari unsur atlet dan pelatih memandang sarana prasarana berkiteria tinggi, sedangkan dari unsur pengurus berpandangan sarana prasarana yang dimiliki sudah masuk kriteria sangat tinggi. Simpulan yang dapat diambil bahwa pembinaan prestasi olah raga sepak takraw pada klub Morobuhunto dan Klub Pandasari di Kabupaten Kendal sudah sangat baik hanya masih ada kendala dalam bidang sarana prasarana latihan. Untuk itu disarankan (1) bagi pelatih dan pendidik olahraga agar dapat melaksanakan pembinaan olahraga pada umumnya dan sepak takraw pada khususnya untuk lebih baik lagi. (2) Bagi pengurus agar dapat melengkapi sarana prasarana sepak takraw yang diperlukan supaya prestasi dapat lebih meningkat. (3) Bagi atlet agar dapat meningkatkan prestasi lebih baik lagi. (4) Bagi peneliti untuk menambah wawasan pembinaan prestasi sepak takraw.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi Pembinaan, Prestasi Olahraga Sepak Takraw
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 21:37
Last Modified: 16 Oct 2012 21:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15939

Actions (login required)

View Item View Item