Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII


Zona Nur Khasanah , 4101405075 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Bodeh masih rendah sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah Problem Based Instruction. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bodeh tahun pelajaran 2011/2012. Dipilih satu kelas secara cluster random sampling, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PBI digunakan uji hipotesis komparatif (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kemampuan berpikir kritis adalah sedangkan rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis adalah . Berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa setelah dikenai pembelajaran PBI kemampuan berpikir kritis siswa meningkat signifikan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PBI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga perlu disarankan pembelajaran Problem Based Instruction dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta dalam pembelajaran PBI guru perlu memperhatikan perencanaan waktu dan tempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 12:05
Last Modified: 16 Oct 2012 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item