Pengaruh Penerapan Collaborative Learning Berbantuan Diagram Vee terhadap Keterampilan Generik Pengamatan dan Inferensi Logika Siswa Kelas X pada Materi Hidrokarbon


Diah Ika Rusmawati , 4301408054 (2012) Pengaruh Penerapan Collaborative Learning Berbantuan Diagram Vee terhadap Keterampilan Generik Pengamatan dan Inferensi Logika Siswa Kelas X pada Materi Hidrokarbon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Collaborative Learning Berbantuan Diagram Vee terhadap Keterampilan Generik Pengamatan dan Inferensi Logika Siswa Kelas X pada Materi Hidrokarbon] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Collaborative Learning Berbantuan Diagram Vee terhadap Keterampilan Generik Pengamatan dan Inferensi Logika Siswa Kelas X pada Materi Hidrokarbon) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Keterampilan generik pengamatan dan inferensi logika yang baik dapat diperoleh melalui penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat. Collaborative learning mengacu kepada metode pengajaran yang mana siswa dengan berbagai latar kemampuan bekerja bersama-sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan. Dengan bekerja bersama-sama melakukan percobaan dalam kelompok-kelompok mempermudah siswa dalam melakukan pengamatan dan menyimpulkan hasil percobaan sesuai dengan teori yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan collaborative learning berbantuan diagram vee terhadap keterampilan generik pengamatan dan keterampilan generik inferensi logika pada materi hidrokarbon. Materi yang dipilih adalah hidrokarbon. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA N 1 Gombong tahun ajaran 2011/ 2012 sebanyak 285 yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling dan dihasilkan kelas X 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 7 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data adalah tes berbentuk soal essay, diagram vee, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan generik pengamatan dan inferensi logika siswa dan penguasaan konsep pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Penerapan collaborative learning berbantuan diagram vee mampu meningkatkan penguasan keterampilan generik pada taraf pencapain sedang. Keterampilan generik pengamatan pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan keterampilan generik inferensi logikanya. Taraf pencapaian keterampilan generik pengamatan adalah tinggi, sedangkan taraf pencapaian keterampilan generik inferensi logikanya sedang. Besarnya pengaruh penerapan collaborative learning berbantuan diagram vee mencapai 33,70%. Hal ini berarti penerapan collaborative learning berbantuan diagram vee memiliki pengaruh sedang pada pembelajaran. Keunggulan collaborative learning berbantuan diagram vee ini disamping meningkatkan penguasaan keterampilan generik sains pengamatan dan inferensi logika siswa dan konsep hidrokarbon, juga membuat siswa lebih teliti dan terampil dalam melakukan percobaan dan menuntut siswa terlibat lebih aktif selama pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Collaborative learning; diagram vee; hidrokarbon; keterampilan generik sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 12:01
Last Modified: 16 Oct 2012 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item View Item