Penerapan Group Investigation pada Pembelajaran Sains untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP Kelas VIII


Risnawati , 4201408036 (2012) Penerapan Group Investigation pada Pembelajaran Sains untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Group Investigation pada Pembelajaran Sains untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP Kelas VIII ] Microsoft Word (Penerapan Group Investigation pada Pembelajaran Sains untuk Mengembangkan Karakter Siswa SMP Kelas VIII ) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Hasil observasi di SMP N 2 Sumber, Rembang diketahui adanya beberapa permasalahan dalam pembelajaran sains, terutama pada kelas VIII A, yaitu lebih dari 40 % siswa kurang berpartisipasi saat kegiatan diskusi dan tidak menjawab pertanyaan dari guru. Selain itu, masalah kedisiplinan yang terjadi diantaranya hampir 50% siswa terlambat mengumpulkan tugas dan masih ada siswa yang terlambat masuk kelas saat jam pelajaran. Untuk mengatasi masalah yang terjadi di kelas VIII A ini, perlu dilakukan inovasi model pembelajaran yang dapat mengembangkan nilai karakter, salah satu model yang dapat diterapkan adalah Group Investigation. Pengembangan karakter dilakukan dengan pengintegrasian nilai karakter pada setiap mata pelajaran, termasuk sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan karakter jujur, disiplin, rasa ingin tahu, kreatif dan komunikatif siswa melalui penerapan Group Investigation pada pembelajaran sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dengan subyek siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sumber. Data perkembangan karakter siswa diperoleh dari observasi dan angket. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari tes evaluasi tiap akhir siklus. Hasil belajar psikomotorik diperoleh dari pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Data hasil belajar kognitif, psikomotorik dan karakter siswa dianalisis menggunakan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Group- Investigation pada pembelajaran sains dapat mengembangkan karakter jujur, disiplin, rasa ingin tahu, kreatif dan komunikatif siswa. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke II sebesar 0,20 dan dari siklus II ke III sebesar 0,28. Selain itu, hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan. Penelitian untuk mengembangkan karakter siswa sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu lebih lama agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Sains, Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 11:57
Last Modified: 16 Oct 2012 11:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15928

Actions (login required)

View Item View Item