Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia pada Materi Identifikasi Bakteri di SMK N 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas


Nina Kholina, 4401408091 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia pada Materi Identifikasi Bakteri di SMK N 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia pada Materi Identifikasi Bakteri di SMK N 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia pada Materi Identifikasi Bakteri di SMK N 1 Kalibagor Kabupaten Banyumas) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Model pembelajaran investigasi kelompok menekankan pada penemuan konsep secara mandiri oleh siswa, sehingga siswa diharapkan aktif dalam pembelajaran. Penemuan konsep oleh siswa akan mendapat penguatan melalui media slide presentation yang disertai dengan video dan animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar dan peran aktif siswa dalam pembelajaran materi identifikasi bakteri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N 1 Kalibagor, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas I A MP dan I ATP yang diambil secara purposive cluster sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar dan peran aktif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar klasikal siswa kelas I AMP = 83,3% dan kelas 1 ATP = 93,3% lebih besar dari pembelajaran sebelumnya dimana terdapat 48,8% siswa tidak mencapai KKM. Persentase jumlah siswa sangat aktif dan aktif kelas 1 A MP adalah 100% dan kelas 1 ATP adalah 80%, serta siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar dan peran aktif siswa pada pembelajaran materi identifikasi bakteri, sehingga disarankan agar model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan multimedia dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang diterapkan di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar dan peran aktif siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: identifikasi bakteri, investigasi kelompok, multimedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 11:53
Last Modified: 16 Oct 2012 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15927

Actions (login required)

View Item View Item