Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ ) Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Segiempat Siswa Kelas VII


Adhita Octaviani , 4101405578 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ ) Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Segiempat Siswa Kelas VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ ) Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Segiempat Siswa Kelas VII] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ ) Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Segiempat Siswa Kelas VII) - Published Version
Download (24kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam model pembelajaran CIRC berbatuan CD Pembelajaran lebihbaik daripada menggunakan model pembelajaran ekspositori, apakah kemampuan pemecahan masalah dalam model pembelajaran CIRC berbantuan CD Pembelajaran dapat mencapai ketuntasan belajar, dan apakah keaktifan peserta didik dalam model pembelajaran CIRC berbantuan CD Pembelajaran berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII terdiri dari 7 kelas dan berjumlah 237 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling, di dapat kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata yaitu untuk mengetahui apakah kelas eksperimen lebihbaik dari pada kelas kontrol,uji proporsi yaitu untuk mengetahui apakah kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar, dan uji regresi yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh aktivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan rata – rata diperoleh thitung = 2,401dan ttabel = 1,99. Kriterianya adalah tolak Ho jika thitung> ttabel. Karena thitung> ttabel maka Ho ditolak, yang menunjukkan bahwa rata – rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran CIRC lebihbaik daripada rata – rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model pembelajaran ekspositori, dengan persentase ketuntasan sebesar 93,70% maka peserta didik pada kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan, serta uji regresi diperoleh persamaan setelah di uji kelinieran ternyata linier dan berarti besar pengaruh aktivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 52,2%. Simpulan penelitian ini adalah (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam model pembelajaran CIRC berbantuan CD Pembelajaran lebihbaik daripada menggunakan modelpembelajaran ekspositori, (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam model pembelajaran CIRC berbantuan CD Pembelajaran dapat mencapai ketuntasan belajar, dan (3) keaktifan peserta didik dalam model pembelajaran CIRC berbatuan CD Pembelajaran berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran CIRC berbantuan CD Pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CIRC, CD Pembelajaran, dan Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2012 03:39
Last Modified: 16 Oct 2012 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15921

Actions (login required)

View Item View Item