Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi berdasarkan Teks Wawancara dengan Teknik Peta Pikiran pada kelas VII-C SMP Negeri 4 Kudus

Nur Fithri Handayani,, 2101408059 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi berdasarkan Teks Wawancara dengan Teknik Peta Pikiran pada kelas VII-C SMP Negeri 4 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia kelas VII-C SMP Negeri 4 Kudus, keterampilan menulis karangan narasi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh motivasi siswa dalam menulis masih kurang dan kemampuan siswa membentuk kalimat-kalimat yang mempunyai kesatuan yang logis dan padu masih minim. Selama ini pembelajaran menulis karangan narasi yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga proses interaksi menjadi monoton. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi digunakan teks wawancara dan teknik peta pikiran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran menulis karangan narasi, peningkatan keterampilan menulis narasi, dan perubahan perilaku siswa kelas VII-C SMP Negeri 4 Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan teks wawancara dengan teknik peta pikiran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsi proses pembelajaran menulis karangan narasi, mendiskripsi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi, mendiskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII-C SMP Negeri 4 Kudus setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan teks wawancara dengan teknik peta pikiran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan bagi penyelenggara pendidikan. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap tahap terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII-C. Adapun sumber datanya yaitu kelas VII-C dengan jumlah siswa 36. Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan nontes berupa jurnal observasi, jurnal siswa, jurnal guru, jurnal wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa keterampilan menulis narasi meningkat, dengan nilai tes prasiklus siswa dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 60,44. Pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata sebesar 69,78. Pada siklus II nilai rata-rata 82,42, sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,67 atau 18,11%. Hasil tes siklus II tersebut menunjukan bahwa dari 36 siswa, 33 siswa dinyatakan tuntas dan 3 siswa dinyatakan belum tuntas. Adapun perilaku siswa mengalami perubahan kea rah yang positif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis karangan narasi berdasarkan teks wawancara dengan teknik peta pikiran telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII-C SMP Negeri 4 Kudus dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Saran untuk guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan atau menerapkan teks wawancara dan teknik peta pikiran dalam pembelajaran menulis keterampilan narasi. Bagi para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian tindakan kelas lanjutan mengenai keterampilan menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan narasi, teks wawancara, dan teknik peta pikiran.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2012 21:42
Last Modified: 15 Oct 2012 21:42

Actions (login required)

View Item