Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model Sugesti Imajinasi berbantuan Sumber Belajar Lingkungan pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Mlonggo Kabupaten Jepara
Rizqia Eka Eryana, , 2101408031 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model Sugesti Imajinasi berbantuan Sumber Belajar Lingkungan pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Mlonggo Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model Sugesti Imajinasi berbantuan Sumber Belajar Lingkungan pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Mlonggo Kabupaten Jepara)
- Published Version
Download (12kB) |
Abstract
Keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Mlonggo belum dikatakan baik secara keseluruhan. Pembelajaran terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan model pembelajaran dan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yang menarik bagi siswa, dan siswa kurang terlatih. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.1 dapat menggunakan model sugesti imajinasi berbantuan sumber belajar lingkungan. Masalah yang dikaji adalah: (1) peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan model sugesti imajinasi berbantuan sumber belajar lingkungan; (2) perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan model sugesti imajinasi berbantuan sumber belajar lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerpen menggunakan model sugesti imajinasi berbantuan sumber belajar lingkungan; (2) mendiskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan model sugesti imajinasi berbantuan sumber belajar lingkungan.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis cerpen menggunakan model sugesti imajinasi berbantuan sumber belajar lingkungan. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis cerpen dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis menulis cerpen menggunakan model sugesti imajinasi berbantuan sumber belajar lingkungan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,1 dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II sebesar 81,6 dalam kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 11,62%. Peningkatan keterampilan menulis cerpen diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan model sugesti imajinasi berbantuan sumber belajar lingkungan sebagai alternatif model pembelajaran menulis cerpen. Para peneliti bidang sastra khususnya menulis cerpen dapat melakukan penelitian serupa sebagai lanjutan penelitian.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis cerpen, model sugesti imajinasi, sumber belajar lingkungan |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Oct 2012 01:30 |
Last Modified: | 16 Oct 2012 01:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15900 |
Actions (login required)
View Item |