Keefektifan Model Think Pair Share dan Model Cooperative Integrated Reading Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa SMP


Devi Indah Puspitaningrum, , 2101408024 (2012) Keefektifan Model Think Pair Share dan Model Cooperative Integrated Reading Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Think Pair Share dan Model Cooperative Integrated Reading Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa SMP] Microsoft Word (Keefektifan Model Think Pair Share dan Model Cooperative Integrated Reading Composition untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif pada Siswa SMP) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Keterampilan membaca intensif adalah keterampilan reseptif yang membantu siswa dalam mengetahui segala jenis pengetahuan yang selanjutnya. Dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, keterampilan membaca masih dianggap remeh karena model dan media yang digunakan guru kurang variatif sehingga siswa menjadi bosan dan tidak bersemangat dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam upaya memperbaiki keterampilan pembelajaran membaca khususnya membaca intensif, maka kiranya perlu variasi model pembelajaran membaca intensif, dengan melakukan penelitian eksperimen mengenai model pembelajaran membaca intensif, serta mengujicobakan dua model untuk mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran membaca intensif. Dua model yang diujicobakan adalah model cooperative integrated reading composition dan model think pair share. Permasalahan dalam penelitian ini (1) Apakah penerapan model TPS (think pair share) terbukti efektif mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran membaca intensif pada siswa SMP, (2) Apakah penerapan model CIRC (cooperative integrated reading composition) terbukti efektif mampu meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran membaca intensif pada siswa SMP, dan (3) Apakah terbukti terdapat perbedaan keefektifan antara model think pair share dan model cooperative integrated reading composition yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran membaca intensif pada siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah (1) membuktikan keefektifan penggunaan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca intensif pada siswa kelas SMP, (2) membuktikan keefektifan penggunaan model cooperative integrated reading composition untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca intensif pada siswa kelas SMP, dan (3) membuktikan model manakah yang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca intensif pada siswa kelas SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen The Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Pengaruh perlakuan diperhitungkan melalui perbedaan antara pretes dengan postest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Se-Kabupaten Kudus. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP N 3 Kudus dan siswa kelas VII G SMP N 1 Jati dan jumlah 34 siswa yang dipilih berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel penggunaan model cooperative integrated reading composition dan model think pair share untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif dan variabel membaca intensif. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Tes dilaksanakan dalam bentuk uraian, sedangkan observasi dan dokumentasi diterapkan pada saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan analisis data akhir yang menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa pada pretes kelas eksperimen, yaitu sebesar 45 dan pada kelas kontrol sebesar 48. Setelah diberi perlakuan dengan dua model, hasil pembelajaran meningkat. Pada kelas eksperimen meningkat menjadi 75,56 dan pada kelas kontrol menjadi 71,21. Hasil postes kedua kelas meningkat, hanya saja hasil postes kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, sehingga model yang efektif digunakan dalam pembelajaran membaca intensif adalah model cooperative integrated reading composition. Selain itu, hasil observasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih terfokus terhadap penjelasan guru dan berdisiplin dalam tugas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative integrated reading composition lebih efektif digunakan dalam pembelajaran membaca intensif daripada model think pair share. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan model cooperative integrated reading composition dalam pembelajaran membaca intensif. Penerapan model tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti bidang Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan membaca intensif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca intensif, model think pair share, model cooperative integrated reading composition.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2012 01:19
Last Modified: 16 Oct 2012 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15899

Actions (login required)

View Item View Item