Pengaruh Efek Afektif Menonton Tayangan Workplace Bullying yang Menimpa TKI Di Televisi Terhadap Kesiapan Memutuskan Untuk Migrasi Ke Luar Negeri.

Nike Munika Putri,, 1550407021 (2012) Pengaruh Efek Afektif Menonton Tayangan Workplace Bullying yang Menimpa TKI Di Televisi Terhadap Kesiapan Memutuskan Untuk Migrasi Ke Luar Negeri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena menurunnya jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari tahun ke tahun yang mengambil keputusan untuk melakukan migrasi ke luar negeri, hal ini diperkirakan karena adanya pengaruh dari efek afektif menonton tayangan Workplace Bullying yang menimpa TKI di televisi. Efek afektif setelah menonton tayangan Workplace Bullying yang menimpa TKI di televisi berupa perasaan cemas maupun takut menjadi salah satu faktor penentu kesiapan dalam mengambil keputusan untuk melakukan migrasi ke luar negeri. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh efek afektif menonton tayangan Workplace Bullying yang menimpa TKI di televisi terhadap kesiapan memutuskan untuk migrasi ke luar negeri. Subjek pada penelitian ini berjumlah 147 subjek. Penelitian ini menggunakan 2 jenis teknik sampling, yang pertama adalah teknik cluster sampling dan kemudian dilanjutkan dengan teknik proportional random sampling. Kesiapan memutuskan diukur dengan skala pengambilan keputusan yang terdiri atas 56 item valid. Skala pengambilan keputusan mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,939. Efek afektif diukur dengan menggunakan skala efek afektif yang terdiri atas 38 item valid. Skala efek afektif mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,840. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi menggunakan teknik korelasi product moment dan uji pengaruh digunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan variabel kesiapan memutuskan untuk migrasi calon TKI tergolong siap. Pada Variabel efek afektif menonton tayangan Workplace Bullying yang menimpa TKI di televisi tergolong pada kategori positif. Korelasi pengambilan keputusan dengan efek afektif diperoleh koefisien r = 0,342 dengan signifikansi atau p = 0,000, F sebesar19.199, dan R Square sebesar 11,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan antara efek afektif menonton tayangan Workplace Bullying yang menimpa TKI di televisi terhadap pengambilan keputusan migrasi calon TKI ke luar negeri. Saran yang diberikan kepada Pemerintah Daerah adalah pemberian program yang berhubungan dengan psikis calon TKI agar lebih ditingkatkan. Dan bagi PPTKIS agar selalu memberikan konseling untuk memantau kondisi psikis calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efek Afektif, Workplace Bullying, Kesiapan Memutuskan, Migrasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 14 Oct 2012 21:35
Last Modified: 14 Oct 2012 21:35

Actions (login required)

View Item