Hubungan Interaksi Teman In-group dengan Kemampuan Empati terhadap Teman Out-group pada Remaja (Penelitian pada Siswa kelas VIII RSBI SMP 2 Blora).


Anindya Lathifah, , 1550406030 (2012) Hubungan Interaksi Teman In-group dengan Kemampuan Empati terhadap Teman Out-group pada Remaja (Penelitian pada Siswa kelas VIII RSBI SMP 2 Blora). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Interaksi Teman In-group dengan Kemampuan Empati terhadap Teman Out-group pada Remaja (Penelitian pada Siswa kelas VIII RSBI SMP 2 Blora).] Microsoft Word (Hubungan Interaksi Teman In-group dengan Kemampuan Empati terhadap Teman Out-group pada Remaja (Penelitian pada Siswa kelas VIII RSBI SMP 2 Blora).) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Empati membantu remaja merasakan apa yang dirasakan orang lain. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi empati yaitu sosialisasi. Dalam sosialisasi, remaja akan mengalami banyak emosi yang secara langsung dapat diamati dari kondisi orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi teman in-group dengan kemampuan empati terhadap teman out-group. Sosialisasi memungkinkan remaja membentuk kelompok teman sebaya. Pengaruh in-group sangat kuat terhadap diri remaja dimana dapat mengubah perilaku dan sikap mereka terhadap teman out-group. Interaksi in-group dapat memupuk dan meningkatkan atau mengurangi kemampuan empati remaja in-group dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian korelasional yang menjadikan 137 siswa kelas VIII RSBI SMP 2 Blora sebagai subjeknya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data ini adalah skala interaksi teman in-group dan skala empati terhadap teman out-group. Skala interaksi teman in-group mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,928. Jumlah item yang valid untuk skala interaksi teman in-group sejumlah 31 item. Sedangkan skala empati terhadap teman out-group mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,920. Item yang valid untuk skala empati terhadap teman out-group sejumlah 34 item. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik korelasi diperoleh F = 14,608 dengan signifikansi 0,000 yang artinya ada hubungan interaksi teman in-group dengan empati terhadap teman out-group pada siswa kelas VIII RSBI SMP 2 Blora, dan dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima. Implikasi hasil penelitian ini dapat berguna bagi siswa yang memiliki empati yang kurang, diharapkan lebih memperluas pergaulannya tidak hanya pada in-group saja tetapi juga pada lingkungannya agar lebih bisa melihat berbagai pengalaman orang lain. Memberikan saran kepada sekolah untuk memberikan pengertian siswa-siswinya agar tidak membeda-bedakan dan dapat berempati terhadap pengalaman orang lain. Serta saran bagi peneliti selanjutnya untuk dapat melakukan penelitian yang serupa dengan pengambilan data awal yang lebih kongkret, ruang lingkup yang luas, dan metode yang lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: interaksi, empati
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2012 01:29
Last Modified: 15 Oct 2012 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item View Item