Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Realistic Mathematics Siswa Kelas IVB SDN Bendan Ngisor.


Desy Putri Safitary,, 1402408266 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Realistic Mathematics Siswa Kelas IVB SDN Bendan Ngisor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Realistic Mathematics Siswa Kelas IVB SDN Bendan Ngisor.] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Realistic Mathematics Siswa Kelas IVB SDN Bendan Ngisor.) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Bendan Ngisor ditemukan masalah dalam pembelajaran matematika di kelas IVB. Proses pembelajaran berpusat pada guru, kurang variatif menggunakan media pembelajaran dan permasalahan kurang disesuiakan pada kehidupan sehari-hari, aktivitas siswa kurang, siswa mengerjakan soal sendiri tanpa berdiskusi sehingga kesulitan menyelesaikan permasalahan dan hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian : bagaimana cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada pembelajaran matematika siswa kelas IVB SD Bendan Ngisor? Tujuan penelitian : meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada pembelajaran matematika pada siswa kelas IVB SDN Bendan Ngisor. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas melalui Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Realistic Mathematics dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Bendan Ngisor. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas guru siklus I memperoleh skor 54,5 kategori baik dan siklus II aktivitas guru meningkat skor 59 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 28,4 kategori baik dan siklus II meningkat menjadi skor rata-rata 32,3 kategori sangat baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pertemuan 1 siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 70 persentase 70% , pertemuan 2 siklus I meningkat nilai rata-rata 73 presentase 76%, meningkat pertemuan 1 siklus II nilai rata-rata 75 persentase 84% dan meningkat pertemuan 2 siklus II nilai rata-rata 79 presentase 87% siswa tuntas belajar. Ini menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pertemuan akhir yaitu pertemuan 2 siklus II > 85% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini melalui Model Student Team Achievement Division (STAD) Berbasis Realistic Mathematics dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Saran bagi guru adalah menggunakan STAD berbasis Realistic Mathematics dikombinasikan dengan model pembelajaran lainnya atau media audio visual serta meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotorik juga, tidak hanya aspek kognitif siswa saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, (STAD) Realistic Mathematics
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2012 01:54
Last Modified: 08 Oct 2012 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15838

Actions (login required)

View Item View Item