Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas VA SDN Tambak Aji 01 Kota Semarang


Triana Puspitasari, , 1402408245 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas VA SDN Tambak Aji 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas VA SDN Tambak Aji 01 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Strategi Mind Mapping Pada Siswa Kelas VA SDN Tambak Aji 01 Kota Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas VA SDN Tambakaji 01 kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered), monoton, lebih banyak ceramah, tidak menerapkan strategi inovatif, belum memanfaatkan media dalam belajar sehingga ketrampilan guru, aktivitas siswa dan haisl belajar dalam pembelajaran rendah. Oleh karena itu peneliti menerapkan strategi mind mapping dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah menggunakan strategi mind mapping ketrampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Tambak Aji 01 Kota Semarang dalam pembelajaran IPS dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Tambak Aji 01 Kota Semarang menggunakan strategi mind mapping. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang memuat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi degan menerapkan strategi mind mapping yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN Tambakaji 01 Kota Semarang. Data yang dikumpulkan adalah keterampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa, menggunakan metode tes, observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 22 prosentase 61% kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 28 prosentase 77% kategori baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 19 prosentase 59% kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 25 persentase 78% kategori baik. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat dari siklus I 48% (15 siswa) menjadi 81% (25 siswa) dari 31 siswa pada siklus II. Ketiga hasil ini menunjukkan telah tercapainya indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti sehingga penelitian dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan strategi mind mapping kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Tambak aji 01 kota Semarang meningkat. Saran bagi guru hendaknya mengembangkan penggunaan strategi mind mapping dalam pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya karena dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, pembelajaran IPS di SD, Strategi Mind Mapping,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2012 01:51
Last Modified: 08 Oct 2012 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item View Item