Penerapan Model Quantum Teaching melalui Permainan Cerita Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang.


Maulida Intan Akmala, , 1402408189 (2012) Penerapan Model Quantum Teaching melalui Permainan Cerita Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Quantum Teaching melalui Permainan Cerita Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. ] Microsoft Word (Penerapan Model Quantum Teaching melalui Permainan Cerita Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. ) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran, di antaranya: keterampilan guru rendah, aktivitas siswa rendah, dan siswa belum terampil berbicara bahasa Jawa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model Quantum Teaching melalui permainan cerita berantai dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa siswa dengan penerapan model Quantum Teaching melalui permainan cerita berantai. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam tiga siklus, masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan 25 siswa kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru. Pada siklus I memperoleh skor 34, termasuk kategori sangat baik. Pada siklus II memperoleh skor 36, termasuk kategori sangat baik. Pada siklus III memperoleh skor 38, termasuk kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa juga terjadi setiap siklusnya. Pada siklus I skor rata-rata adalah 32,82 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata siklus II adalah 34,65 dengan kriteria sangat baik, dan skor rata-rata siklus III adalah 35,82 dengan kriteria sangat baik. Kemudian, hasil belajar siswa berbicara bahasa Jawa meningkat. Nilai rata-rata siklus I adalah 73,6 dengan persentase ketuntasan 92%, nilai rata-rata siklus II adalah 82 dengan persentase ketuntasan 96%, dan nilai rata-rata siklus III adalah 88,4 dengan dengan persentase ketuntasan 100%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata 8,4 dengan peningkatan persentase 8% dan peningkatan dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan 6,4 dan peningkatan persentase 4%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching melalui permainan cerita berantai dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbicara bahasa Jawa, Quantum Teaching, cerita berantai .
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2012 01:49
Last Modified: 08 Oct 2012 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15836

Actions (login required)

View Item View Item