Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Berbahasa Jawa melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VA SDN Sekaran 01 Semarang


Wiwin Retnani, , 1402408187 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Berbahasa Jawa melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VA SDN Sekaran 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Berbahasa Jawa melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VA SDN Sekaran 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Berbahasa Jawa melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VA SDN Sekaran 01 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang digunakan sebagai sarana komunikasi dalam kehidupan masyarakat Jawa. Oleh karena itu, dilaksanakan pembelajaran bahasa Jawa agar siswa dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa secara lisan maupun tertulis dengan baik dan benar. Berdasarkan data awal yang didapat dalam observasi pada pembelajaran bahasa Jawa di kelas VA SDN Sekaran 01 Semarang, ditemukan permasalahan bahwa dalam aspek keterampilan menulis karangan deskripsi berbahasa Jawa masih belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu ≥ 60. Hal tersebut disebabkan karena perbendaharaan kosakata bahasa Jawa yang dimiliki siswa masih rendah. Sehingga sulit untuk mengungkapkan ide yang ada didalam pikirannya.Metode mind mapping dapat membantu siswa untuk berlatih menemukan ide-ide dalam menulis karangan deskripsi berbahasa Jawa dan siswa menjadi lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karangan deskripsi berbahasa Jawa.Solusi dari permasalahan di atas adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 (dua) siklus.Penelitian dilakukan di SDN Sekaran 01 Semarang.Subjek penelitian tindakan ini adalah guru dan siswa kelas VA semester II tahun pelajaran 2011/2012. Data hasil penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan metode mind mapping pada pembelajaran menulis karangan deskripsi berbahasa Jawa menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh hasil 66,7% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 64,4% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 81,3% dengan kategori baik sekali. Rata-rata nilai keterampilan menulis karangan deskripsi berbahasa Jawa pada siklus I adalah 63 dengan persentase ketuntasan sebesar 58% dan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata yaitu 69 dengan presentase ketuntasan sebesar 76%. Hal tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan guru, ativitas siswa, dan keterampilan menulis karangan deskripsi berbahasa Jawa. Saran bagi guru adalah sebaiknya guru menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif agar siswa lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran yang bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, menulis deskripsi berbahasa Jawa, metode mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2012 01:45
Last Modified: 08 Oct 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item View Item