Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas III SDN Karanganyar 02 Kota Semarang


Siti Mu’awanah, , 1402408022 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas III SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas III  SDN Karanganyar 02 Kota Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas III SDN Karanganyar 02 Kota Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Karanganyar 02 ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas III. Proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa kurang aktif, siswa cenderung cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran IPS sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Rumusan masalahnya yaitu apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Karanganyar 02 Semarang, dengan subjek guru dan siswa kelas III sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, tes lisan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 26 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 35 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III meningkat menjadi skor 42 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 25,75 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor rata-rata 33 dengan kategori sangat baik dan pada siklus III meningkat menjadi skor rata-rata 37,4 dengan kategori sangat baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 75 dengan persentase ketuntasan 65,8%, siklus II nilai rata-rata 76 dengan persentase ketuntasan 75% dan meningkat pada siklus III dengan nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan 85,3%. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III > 80% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Model Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Saran bagi guru adalah Model Pembelajaran Think Pair Share dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, pembelajaran IPS, Model Pembelajaran, Think Pair Share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2012 01:39
Last Modified: 08 Oct 2012 01:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15833

Actions (login required)

View Item View Item