Pengaruh Harga, Merek, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Deterjen Bubuk Sachet oleh Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Semarang.

Bayu Anggita Novianto , 3 3 5 2 4 0 4 0 1 0 (2009) Pengaruh Harga, Merek, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Deterjen Bubuk Sachet oleh Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penurunan daya beli karena kenaikan harga kebutuhan, mengakibatkan produsen menghadapi masalah pemasaran, meningkatnya penawaran produk sejenis, mengakibatkan persaingan tajam antar perusahaan produk sejenis atau yang bersifat subtitusi, sehingga perusahaan harus mempunyai informasi pasar yang akurat terutama berkaitan dengan perilaku pembelian konsumennya. Tugas pokok pemasaran berperan dalam proses merencanakan konsep, harga, promosi, dan distribusi ide, menciptakan peluang yang memuaskan individu dan sesuai dengan tujuan perusahaan. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh berbagai faktor di antaranya harga, merek, dan promosi. Konsumen membutuhkan informasi tentang produk berkaitan dengan harga, merek dan promosi sebelum melakukan pembelian. Proses pengambilan keputusan tidak berakhir dengan transaksi pembelian, tetapi diikuti oleh tahap perilaku purna beli. Permasalahan dalam penelitian adalah: (1) Apakah harga, merek, dan promosi memberikan pengaruh terhadap keputusan ibu rumah tangga membeli deterjen bubuk sachet di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Semarang ? (2) Variabel manakah yang memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan ibu rumah tangga membeli deterjen bubuk sachet di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh harga, merek, dan promosi secara parsial dan secara simultan terhadap keputusan ibu rumah tangga membeli deterjen bubuk sachet di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Semarang. (2) mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan ibu rumah tangga membeli deterjen bubuk sachet di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Semarang. Populasi penelitian adalah ibu rumah tangga di wilayah Kelurahan Plalangan yang berjumlah 780 orang. Pengambilan sampel pemakai deterjen bubuk sachet berjumlah 71 orang melalui perhitungan dengan rumus Iterasi. Empat variabel yang dikaji adalah (1) Harga, (2) Merek, (3) Promosi dan (4) Keputusan Pembelian. Alat pengumpulan data adalah angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga mempengaruhi sebesar 42,8% terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,428. Variabel merek mempengaruhi sebesar 15 % yang ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,150. Variabel promosi mempengaruhi sebesar 37,5% terhadap keputusan pembelian yang ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar 0,375. Secara simultan ketiga variabel bebas secara signifikan berpengaruh terhadap variabel terikat. Berdasarkan koefisien korelasi yang diperoleh terdapat korelasi yang signifikan yang ditunjukkan nilai koefessien korelasi sebesar 0,630 yang lebih besar dari nilai rtabel dengan α 5% dan df = 2 dan N = 71 sebesar 0,384 yang berdasarkan skala korelasi termasuk kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa secara simultan harga, merek, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen paket ekonomis oleh ibu rumah tangga di Kelurahan Plalangan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang sebesar 50,6 %, sedangkan 49,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Namun variabel harga mempengaruhi paling dominan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat pada produsen sehingga disarankan agar produsen memberikan perhatian pada penetapan harga pada produknya agar sesuai dengan kualitas dan manfaat yang dapat diperoleh konsumen, memperhatikan merek yang dipilih dan promosi yang dilakukan sehingga konsumen akan menjadi tahu kelebihan-kelebihan yang ada pada produk dan memutuskan untuk membeli. Konsumen hendaknya selektif dalam melakukan pembelian deterjen dengan memperhatikan tingkat harga, kualitas dan manfaat yang diperoleh dari deterjen yang ditawarkan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Harga, Merek, Promosi, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Apr 2011 03:14
Last Modified: 25 Apr 2015 00:28

Actions (login required)

View Item