Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja (studi kasus pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pemalang

Ajeng Softi Karina,, 7101408207 (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja (studi kasus pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan ialah menghasilkan lulusan yang siap kerja dan dapat mengembangkan sikap profesional. Namun, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan belum seluruhnya dapat terjun dalam dunia kerja. Pemasalahan dalam skripsi ini yaitu faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja (studi kasus pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran) di SMK Negeri 1 Pemalang dan faktor apa yang paling dominan pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pemalang. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis faktor-faktor kesiapan kerja dan untuk mengetahui faktor-faktor kesiapan kerja yang dominan. yang dialami siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pemalang. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi, yaitu seluruh siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pemalang tahun ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuisioner dan teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 variabel mereduksi menjadi 17 variabel yang mengelompok menjadi 3 (tiga) faktor yaitu : 1) Potensi yang dimiliki oleh anak/siswa memberikan kontribusi sebesar 45,621% terhadap kesiapan kerja, variabel pembentuk antara lain: variabel Motivasi Belajar, Kondisi Ekonomi Keluarga, Ekspektasi Masuk Dunia Kerja, Pengetahuan dan Wawasan, Kecerdasan, Sikap, Sifat-sifat Pribadi. 2) Faktor Kepribadian Siswa memberikan kontribusi sebesar 13,654% terhadap kesiapan kerja, variabel pembentuk antara lain: variabel Kondisi Fisik, mental, dan emosional, Kebutuhan, motif dan tujuan, Kecakapan, Bakat, Minat, Nilai-nilai Kehidupan. 3) Faktor Sekolah dan On The Job Trainning (OJT) memberikan kontribusi sebesar 8,419% terhadap kesiapan kerja, variabel pembentuk antara lain: variabel Pengalaman Praktik Luar/Magang, Bimbingan Vokasional, Prestasi Belajar sebelumnya, Informasi Perkerjaan. Ketiga faktor tersebut memberikan kontribusi sebesar 67,69% terhadap kesiapan kerja dan selebihnya sebesar 32.31% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor kesiapan kerja yang dominan yaitu Faktor Potensi yang dimiliki oleh siswa dilihat dari besarnya kontribusi yang diberikan sebesar 45,621% terhadap kesiapan kerja. Disarankan bahwa sekolah hendaknya dapat memanfaatkan fasilitas belajar. Bagi siswa hendaknya lebih memperhatikan kondisi kesehatannya. Skripsi ini diharapkan bisa menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 20:40
Last Modified: 01 Oct 2012 20:40

Actions (login required)

View Item