Pengaruh Persepsi siswa tentang Ketetrampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar siswa terhadap Minat Belajar IPS kelas VIII SMP N 3 Purbalingga
Muhammad Feriady, , 7101408112 (2012) Pengaruh Persepsi siswa tentang Ketetrampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar siswa terhadap Minat Belajar IPS kelas VIII SMP N 3 Purbalingga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Persepsi siswa tentang Ketetrampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar siswa terhadap Minat Belajar IPS kelas VIII SMP N 3 Purbalingga)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Pelajaran IPS sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan dan kurang diminati oleh siswa. Adanya minat belajar terhadap pelajaran IPS akan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa. SMP N 3 Purbalingga merupakan SMP favorit dengan fasilitas yang memadai dan tenaga pengajar yang berpengalaman, namun minat belajar siswa pada pelajaran IPS dirasa masih kurang, yaitu dilihat dari observasi pendahuluan dimana dari 40 responden, 22 siswa atau 70% siswa menyatakan merasa bosan saat mengikuti pelajaran IPS. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap minat belajar siswa pada pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap minat belajar siswa pada pelajaran IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMP N 3 Purbalingga tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 232 siswa dan diambil sampel secara acak dengan metode cluster randomsampling dengan jumlah sampel 70 responden. Variabel pada penelitian ini adalah Persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru (X1), fasilitas belajar Siswa (X2) dan minat belajar siswa pada pelajaran IPS (Y). metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif prosentase dan analisis regresi. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y = 12,347 + 0,206 X1 + 0,179 X2 dengan uji simultan diperoleh F hitung=13,4 dan signifikansi 0,000<0,05 menolak H0 dan menerima H1 yang menyatakan ada pengaruh persepsi siswa mengenai ketrampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa terhadap minat belajar. Besarnya R square sebesar 26,5%. Uji partial diperoleh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar dengan t hitung=2,381 dan signifikansi 0,02<0,05 menerima H2 yang menyatakan ada pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar. Fasilitas belajar siswa dengan t hitung=2,115 dengan signifikansi 0,032<dari 0,05 menerima H3 yang menyatakan ada pengaruh fasilitas belajar terhadap minat belajar. Simpulan dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar siswa berpengaruh baik secara simultan maupun partial terhadap minat belajar IPS kelas VIII SMP N 3 Purbalingga. Saran yang bisa diberikan dalam penelitian ini adalah kepada guru agar lebih bisa meningkatkan keterampilan mengajarnya agar lebih menarik siswa dalam belajar IPS, kepada sekolah agar dapat memperhatikan fasilitas belajar di sekolah dan kepada orang tua agar memperhatikan fasilitas belajar putra-putrinya dirumah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar IPS, persepsi siswa, ketetrampilan mengajar guru, fasilitas belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Oct 2012 00:37 |
Last Modified: | 02 Oct 2012 00:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15749 |
Actions (login required)
View Item |