Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Memelihara Peralatan Kantor pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes


Ade Farida Lestari,, 7101408069 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Memelihara Peralatan Kantor pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Memelihara Peralatan Kantor pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Memelihara Peralatan Kantor pada Siswa Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Kualitas pembelajaran dan pembentukan kompetensi siswa dapat dilihat dari segi proses dan hasil. Untuk itu perlu digunakan metode yang inovatif. Akan tetapi, kenyataan dilapangan metode ceramah masih mendominasi kegiatan belajar mengajar. Maka secara langsung dalam kegiatan pendidikan di sekolah diperlukan model pembelajaran kooperatif salah satunya adalah tipeSTAD. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar memelihara peralatan kantor siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes? Tujuannya untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar memelihara peralatan kantor siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes. Penelitian ini menggunakan desain PTK. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dengan instrumen test berupa soal pilihan ganda, dan instrumen nontest berupa lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis dekriptif persentase. Hasil analisis data penelitian dari prasiklus, siklus I dan II mengalami peningkatan hasil belajar secara klasikal adalah 48,72%, 69,23%, dan 87,18%, jadi ada kenaikan 20,51% pada siklus I dan 17,95% pada siklus II. Sedangkan untuk rata-rata aktivitas siswa 71,33% pada siklus I dan 86,25% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar memelihara peralatan kantor siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Brebes, dengan keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan salah satu model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat diterapkan untuk proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD)dan Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Oct 2012 00:35
Last Modified: 02 Oct 2012 00:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15746

Actions (login required)

View Item View Item