Peningkatan Keterampilan Teknik Servis Bawah Menggunakan Metode Latihan Bertahap dengan Jarak 3 sampai 6 Meter pada Permainan Bola Voli Mini Kelas IV SDN 4 Bendosari Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012


Wawan Fatkur Rahman, 6102910142 (2012) Peningkatan Keterampilan Teknik Servis Bawah Menggunakan Metode Latihan Bertahap dengan Jarak 3 sampai 6 Meter pada Permainan Bola Voli Mini Kelas IV SDN 4 Bendosari Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Teknik Servis Bawah Menggunakan Metode Latihan Bertahap dengan Jarak 3 sampai 6 Meter pada Permainan Bola Voli Mini Kelas IV SDN 4 Bendosari Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Teknik Servis Bawah Menggunakan Metode Latihan Bertahap dengan Jarak 3 sampai 6 Meter pada Permainan Bola Voli Mini Kelas IV SDN 4 Bendosari Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru di kelas adalah keterampilan servis bawah siswa kelas IV SDN 4 Bendosari yang masih rendah ditandai persentase anak yang mampu melakukan servis bawah bola voli hanya 47%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan metode latihan bertahap dapat meningkatkan keterampilan servis bawah bola voli mini siswa kelas IV SDN 4 Bendosari tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap pratindakan, tahap siklus I dan tahap siklus II. Tindakan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 4 Bendosari tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes praktik servis bawah, lembar observasi pembelajaran, dan angket tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengungkap hasil ketuntasan belajar klasikal siswa. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 47% siswa mampu melakukan servis bawah bola voli dengan benar. Dengan menggunakan metode latihan bertahap, hasil siklus I menunjukkan bahwa 68% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan siswa merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 75,09%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa 95% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan siswa merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 88,07%. Karena persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa melampaui 80%, penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indikator keberhasilan. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode latihan bertahap dengan jarak 3 sampai 6 meter dapat meningkatkan keterampilan servis bawah bola voli siswa kelas IV SDN 4 Bendosari tahun pelajaran 2011/2012. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) metode latihan bertahap dapat menjadi alternatif bagi guru penjasorkes untuk diterapkan pada materi servis bawah bola voli, (2) guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif, tidak terlalu lama bermain sehingga menyita waktu pelajaran, dan melakukan pendampingan selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: servis bawah, bola voli mini, metode latihan bertahap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 14:25
Last Modified: 01 Oct 2012 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15732

Actions (login required)

View Item View Item