Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Penggunaan Media Bolan Plastik Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Timbang 02 Tahun Pelajaran 2011/2012

Aan Kurniawan, 6102910115 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Melalui Penggunaan Media Bolan Plastik Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Timbang 02 Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Bahwa beberapa prinsip pembelajaran yang telah dilakukan sebagai penunjang keberhasilan pembelajaran pasing di SD Negeri Timbang 02 ternyata belum membuahkan hasil yang diharapkan. Hal tersebut dapat diliat pada saat pembelajaran berlangsung, disamping itu aktivitas siswa terlihat hanya yang pemberani saja yang sering memukul dan menerima bola sedangkan siswa yang lain pasif, cenderung menunggu datangnya bola. Berdasarkan Identifikasi permasalahan, penulis menyusun perumusan masalah sebagai berikut : “Apakah melalui penggunaan media bola plastik dapat meningkatkan hasil belajar bola voli siswa kelas V SD Negeri Timbang 02 tahun pelajaran 2011/2012?” Melalui penggunaan media bola plastik dalam pembelajaran praktik pasing bawah permainan bola voli pada siswa kelas V SD Negeri Timbang 02 tahun pelajaran 2011/2012 bertujuan untuk : Meningkatkan keberanian siswa dalam berlatih teknik pasing bawah permainan bola voli sebelum digunakan bola karet dan Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam berlatih pasing bawah bola voli secara berpasangan. Perubahan yang terjadi setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah peningkatan minat dan keberanian siswa dalam melakukan pasing bawah bola voli yang diikui dengan meningkatnya hasil prestasi belajar siswa pada materi Pasing bawah, perubahan yang terjadi pada guru peneliti adalah guru mengalami peningkatan dalam menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran, perubahan hasil belajar siswa menunjukkan hal yang sangat positif, hal ini terlihat dari prestasi belajar siswa meningkat dari rata-rata kurang (nilai 72,5) sebelum perbaikan menjadi sedang (nilai 76,5) pada perbaikan siklus I dan baik (nilai 82,3) pada siklus II dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 92,5%. Dengan melihat hasil pembelajaran tersebut di atas ternyata memang terlihat hasil nyata bahwa dengan menggunakan media bola plastik dapatmeningkatkan keberanian dan motivasi siswa dalam berlatih pasing bawah permainan bola voli di SD Negeri Timbang 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Bola Plastik, Keberanian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 03:02
Last Modified: 01 Oct 2012 03:02

Actions (login required)

View Item