Inovasi Trainer Set Pembelajaran Praktek Pengereman Motor Induksi


M Fitra Chrisandi, , 5301407018 (2012) Inovasi Trainer Set Pembelajaran Praktek Pengereman Motor Induksi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Inovasi Trainer Set Pembelajaran Praktek Pengereman Motor Induksi] Microsoft Word (Inovasi Trainer Set Pembelajaran Praktek Pengereman Motor Induksi) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran praktek pengereman motor induksi, banyak kendala-kendala yang terjadi, antara lain alat dan bahan yang terbatas dan waktu proses pelaksanaan praktek yang belum efektif. Dalam proses praktek pengereman motor induksi, mahasiswa cukup merangkai dengan cara menjamper kabel-kabel penghubung sesuai dengan gambar rangkaian. Dengan kabel penghubung mahasiswa cukup menjamper kabel tanpa harus memasang alat satu per satu terlebih dahulu. Namun dalam kegiatan praktek masih terdapat kendala yaitu kabel penghubung yang terlalu banyak sering mengakibatkan kesalahan dalam menghubung dan terjadi hubung singkat pada rangkaian. Trainer inovasi switching dapat dijadikan alternatif dalam praktek pengereman motor induksi. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah mengefektifitas waktu proses praktek pengereman motor induksi dengan menginovasi trainer menggunakan switching. Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membuat pembelajaran praktek pengereman motor induksi jadi lebih efektif dan mudah dalam pengoperasian serta sebagai pembaharuan dari trainer sebelumnya. Penelitian dimulai dengan uji coba efektifitas di Laboratorium untuk memperoleh data efektifitas waktu proses praktek pengereman motor induksi. Selanjutnya, trainer inovasi diujikan terhadap praktikan. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, dengan teknik tersebut maka dibentuk 2 kelompok yang terdiri dari 2 mahasiswa setiap kelompok. Metode jobsheet untuk mendapatkan data praktek mahasiswa praktikan dan lamanya waktu proses pelaksanaan praktek. Analisis data menggunakan statistik deskriptif terhadap skala kriteria efektifitas waktu.. Hasil uji coba efektifitas untuk praktek pengereman denga pendakatan peralatan 86 menit dan dengan pendekatan sistematik (trainer non inovasi) 63 menit. Untuk efektifitas waktu pelaksanaan praktek pengereman menggunakan trainer inovasi switching dapat menghemat waktu 45% dari waktu yang telah ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan trainer inovasi switching sangat efektif dalam mengeefektifitas waktu proses praktek pengereman motor induksi. Simpulan secara garis besar bahwa media pembelajran berupa trainer inovasi switching ini sangat efektif pada proses praktek pengereman motor induksi. Sebagai saran adalah proses pengereman akan lebih cepat berhenti menggunakan rangkaian segitiga dihubung seri atau rangkaian f.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengereman dinamik, rem arus searah, pengereman motor induksi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 13:57
Last Modified: 01 Oct 2012 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15724

Actions (login required)

View Item View Item