PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LUKISAN BERALIRAN NATURALISME SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 13 PEKALONGAN
Kastowo, 2101907003 (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LUKISAN BERALIRAN NATURALISME SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 13 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LUKISAN BERALIRAN NATURALISME SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 13 PEKALONGAN)
- Published Version
Download (437kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, kemampuan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIF SMP Negeri 13 Pekalongan belum memuaskan. Hal tersebut disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Salah satunya berasal dari media yang digunakan untuk proses pembelajaran kurang menunjang. Pemilihan media yang tepat sesuai dengan KTSP diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi keindahan alam. Berdasarkan penjelasan di atas penelitian ini mengkaji dua masalah yaitu (1) bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIF SMP Negeri 13 Pekalongan setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi keindahan alam dengan menggunakan media lukisan beraliran naturalisme ? (2) bagaimana perubahan tingkah laku siswa kelas VIIF SMP Negeri 13 Pekalongan dalam menulis puisi keindahan alam setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lukisan beraliran naturalisme ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIF SMP Negeri 13 Pekalongan dengan menggunakan media lukisan beraliran naturalisme (2) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa dalam menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIF SMP Negeri 13 Pekalongan dengan menggunakan media lukisan beraliran naturalisme. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIF SMP Negeri 13 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan dua variabel penelitian yaitu (1) peningkatan kemampuan menulis puisi keindahan alam (2) penggunaan media lukisan beraliran naturalisme. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik tes berupa hasil kemampuan menulis puisi keindahan alam, dan teknik non-tes berupa data perilaku dari hasil observasi, wawancara, jurnal, dan foto.. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan hasil tes siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi keindahan alam dengan menggunakan media lukisan beraliran naturalisme. Peningkatan tersebut dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes prasiklus atau pratindakan, hasil tes siklus I, hasil tes siklus II. Pada tes prasiklus, siswa hanya memperoleh nilai dengan rata-rata 62,6 mengalami iii peningkatan sebesar 7,25 pada siklus I dengan perolehan rata-rata 69,85. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 72,48 atau meningkat 2,63. Sikap atau perilaku siswa mengalami perubahan dari sikap negatif berubah menjadi positif. Data perubahan tingkah laku menulis puisi menunjukkan siswa yang tidak senang menulis puisi berkurang 75%, dibarengi juga siswa yang senang menulis puisi meningkat menjadi 77,77%. Peningkatan kemampuan dan perubahan tingkah laku itu terjadi setelah digunakan media pembelajaran lukisan keindahan alam beraliran naturalisme. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan media lukisan keindahan alam beraliran naturalisme pada pembelajaran menulis puisi keindahan alam. Bagi peneliti disarankan agar melakukan penelitian yang sama dengan menggunakan media pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menulis, puisi keindahan alam, media lukisan, lukisan keindahan alam beraliran naturalisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 15 Apr 2011 04:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1567 |
Actions (login required)
View Item |