Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menerjemahkan Wacana Bahasa Jepang Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES
Anita Cahya Sari, 2302408041 (2012) Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menerjemahkan Wacana Bahasa Jepang Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menerjemahkan Wacana Bahasa Jepang Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Menerjemahkan merupakan pengalihbahasaan dari bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran. Hal ini sama dengan menyampaikan informasi yang terdapat dalam teks sumber yang diterjemahkan baik secara lisan maupun tulisan ke dalam bahasa sasaran. Dalam proses menerjemahkan, penguasaan kosakata sangat diperlukan untuk dapat memahami isi informasi yang terdapat dalam teks bacaan. Jika seseorang tidak memiliki penguasaan kosakata yang cukup, maka sudah dapat dipastikan proses menerjemahkan akan mengalami kesulitan karena tidak dapat memahami isi informasi yang terkandung dalam teks bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menerjemahkan wacana bahasa Jepang mahasiswa Prosdi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES. Dalam mengumpulakan data mengenai penguasaan kosakata dan kemampuan menerjemahkan wacana bahasa Jepang mahasiswa Prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES digunakan metode tes kosakata dan tes menerjemahkan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VI prodi pendidikan bahasa Jepang. Jumlah sampel dalam penelitian ini 30 mahasiswa untuk dijadika responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui data mengenai NIM dan jumlah mahasiswa dan metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai nilai penguasaan kosakata dan kemampuan menerjemahkan. Validitas yang digunakan yaitu validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan teknik pengulangan tes yang hasilnya dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung (0,782) yang lebih besar dari rtabel (0,349). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menerjemahkan wacana bahasa Jepang, yang artinya penguasaan kosakata bahasa Jepang mempengaruhi kemampuan menerjemahkan wacana bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menerjemahkan, Kosakata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 00:35 |
Last Modified: | 01 Oct 2012 00:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15664 |
Actions (login required)
View Item |