Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Teka Teki Silang dan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

Arghob Khofya Haqiqi,, 4201408022 (2012) Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Teka Teki Silang dan Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP 2 Jekulo Kudus, pembelajaran fisika di sekolah masih menggunakan pembelajaran tradisional (konvensional) yang mengandalkan metode ceramah di depan kelas dan belum pernah menggunakan media permainan dalam pembelajarannya. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dan kurang mempunyai motivasi dalam pembelajaran sehingga hasil belajar yang dicapai oleh siswa menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) menggunakan teka teki silang dan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan teka teki silang dan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP (2) Membandingkan efektivitas model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) menggunakan teka teki silang dan puzzle dengan model kooperatif regular menggunakan diskusi. Desain dalam penelitian ini adalah True Experimental Design jenis Control Group Pretest Posttest. Kelas ekperimen menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan teka teki silang dan puzzle, sedangkan kelas kontrol menggunakan model kooperatif regular menggunakan diskusi. Hasil analisis uji peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 0,48 (sedang) dan 0,38 (sedang). Hasil observasi hasil belajar afektif kelas eksperimen adalah 80% (sangat baik) sedangkan kelas kontrol adalah 75% (baik). Sedangkan Hasil observasi hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen adalah 81% (sangat baik) sedangkan kelas kontrol adalah 73 % (baik). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan yaitu: (1) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media pembelajaran teka teki silang dan puzzle mampu meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan gerak dengan peningkatan rata rata hasil belajar kognitif sebesar 0,48 (sedang), nilai afektif sebesar 85 % (sangat baik) dan nilai psikomotorik dari kelas eksperimen sebesar 81 % (sangat baik). (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media pembelajaran teka teki silang dan puzzle lebih efektif dibandingkan dengan model kooperatif regular menggunakan diskusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Teka teki silang, Puzzle, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Sep 2012 20:27
Last Modified: 30 Sep 2012 20:27

Actions (login required)

View Item