Penerapan Better Teaching and Learning Berbasis Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Berpikir logis dan Keaktifan Siswa


Fitriana Khaerunisa, , 4201408004 (2012) Penerapan Better Teaching and Learning Berbasis Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Berpikir logis dan Keaktifan Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Better Teaching and Learning Berbasis Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Berpikir logis dan Keaktifan Siswa] Microsoft Word (Penerapan Better Teaching and Learning Berbasis Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Berpikir logis dan Keaktifan Siswa) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Better Teaching and Learning adalah suatu pendekatan pengajaran yang menuntut guru atau pengajar untuk dapat menyajikan pembelajaran yang sarat makna, hidup dan memandirikan siswa dengan meningkatkan kemampuan berpikir logis dan keaktifan siswa. Pendekatan ini menuntut kreativitas guru dalam pengajaran sehingga siswa digiring aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif akan memberi kesempatan pada siswa untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan berpikir logis dan tingkat keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain control group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Diambil dua kelas yaitu VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran kooperatif regular. Pengumpulan data menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan uji gain untuk kelas kontrol dan eksperimen berturut-turut diperoleh 29% dan 50%. Sedangkan analisis deskriptif tentang keaktifan siswa untuk kelas kontrol 62,43% dan kelas eksperimen 68,18%. Hasil uji t-test diperoleh thitung (11,28) > ttabel (1,68). Sedangkan uji hipotesis rata-rata diperoleh thitung (6,585) > ttabel (2,024). Sehingga disimpulkan bahwa Better Teaching and Learning berbasis kooperatif yang diterapkan efektif untuk meningkatkan berpikir logis dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Better Teaching and Learning, pembelajaran kooperatif, berpikir logis, keaktifan siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 00:25
Last Modified: 01 Oct 2012 00:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15659

Actions (login required)

View Item View Item