Peningkatan Keterampilan Menulis kan Pengalaman Pribadi dengan Metode Concept Mapping menggunakan Media Lagu Kenangan pada Siswa Kelas VII C SMP N 2 Pabelan kabupaten Semarang

Aan Rahmaani Mangeshkar, 2101407173 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis kan Pengalaman Pribadi dengan Metode Concept Mapping menggunakan Media Lagu Kenangan pada Siswa Kelas VII C SMP N 2 Pabelan kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pabelan masih kurang. Kurangnya kemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor dari guru dan siswa. Faktor dari guru yaitu kurangnya media pembelajaran menulis dan kurang memvariasikan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Faktor dari siswa yaitu (1) siswa kurang tertarik dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) siswa menganggap pembelajaran menulis karangan terutama menulis pengalaman pribadi itu sulit, dan (3) siswa merasa jenuh dengan pembelajaran menulis karangan yang diberikan guru. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji tiga masalah yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode concept mapping dan media lagu kenangan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pabelan kabupaten Semarang, (2) bagaimana peningkatan kemampuan siswa dalam menulis pengalaman pribadi dengan metode concept mapping dan media lagu kenangan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pabelan kabupaten Semarang, dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa setelah diberi pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode concept mapping menggunakan media lagu kenangan pada siswa SMP Negeri 2 Pabelan kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I, dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pabelan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Data nontes diperoleh dari observasi, wawancara, catatan harian siswa, jurnal guru, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan metode concept mapping menggunakan media lagu kenangan pada siswa kelas VII C SMP N 2 Pabelan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I 65,98 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,55 dengan peningkatan sebesar 16,67 % dan termasuk kategori baik. Setelah siswa menggunakan metode concept mapping dan media lagu kenangan dalam menulis kan pengalaman pribadi, terjadi perubahan tingkah laku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang antusias terhadap pembelajaran menulis pengalaman pribadi menjadi antusias, senang, dan tertarik setelah mengikuti pembelajaran menulis kan pengalaman pribadi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar pembelajaran dengan metode concept mapping menggunakan media lagu kenangan dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk mengajar materi lain. Bagi peneliti disarankan agar melakukan penelitian serupa tetapi dengan metode pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengalaman pribadi, metode concept mapping, media lagu kenangan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Sep 2012 22:52
Last Modified: 19 Sep 2012 22:52

Actions (login required)

View Item