Bentuk dan Fungsi Musik Dalam Seni Bela Diri Capoeira Di Semarang.


Nurul Sugiantoro,, 2503407071 (2012) Bentuk dan Fungsi Musik Dalam Seni Bela Diri Capoeira Di Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bentuk dan Fungsi Musik Dalam Seni Bela Diri Capoeira Di Semarang. ] Microsoft Word (Bentuk dan Fungsi Musik Dalam Seni Bela Diri Capoeira Di Semarang. ) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Salah satu seni bela diri yang menggunakan musik adalah Capoeira. Capoeira merupakan olahraga seni bela diri yang berasal dari negara Brazil yang diciptakan oleh budak-budak Afrika yang dibawa oleh orang-orang portugis sekitar tahun 1500-an. Seni bela diri capoeira merupakan sebuah seni yang sangat kompleks, karena dalam seni beladiri capoeira ada beberapa seni yang dipadukan, yaitu: seni musik, seni bela diri, dan akrobatik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk musik dan bagaimanakah fungsi musik dalam seni bela diri capoeira di Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mendiskripsikan analisa struktur musik dan penggunaan musik yang mempengaruhi pemain capoeira dalam memainkan permainan capoeira. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa ada tiga macam lagu yang digunakan untuk mengiringi gerakan Capoeira yaitu Ladainha dipilih lagu yang berjudul Joga de Angola yang tergolong lagu dua bagian dengan bentuk A (a a’), B (b b’), lagu Quadras dipilih lagu dengan judul Arrapiado yang tergolong lagu dua bagian dengan bentuk A (a b), B (b b’), dan lagu Corridos dipilih lagu dengan judul Parana’e yang tergolong lagu tiga bagian dengan bentuk A (a a’), B (b b’) dan C (c c’). Kemudian untuk fungsi musik pengiring dalam seni bela diri JAI adalah sebagai pendukung gerak pemain Capoeira dan sebagai pemberi suasana permainan Capoeira atau jogo. Disamping itu ada fungsi yang lain bagi pemain Capoeira itu sendiri yaitu: (1) untuk respon fisik, (2) sebagai ekspresi emosional, (3) sebagai komunikasi antara pemain dan pemusik. Dari uraian penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa lagu Joga de Angola mempunyai bentuk AB, lagu Arrapiado berbentuk AAB dan lagu Parana’e berbentuk ABC. Funsi musik dalam seni beladiri Capoeira Jacobina Arte Indonesia adalah sebagai pendukung gerak dan pemberi suasana permainan Capoeira, sebagai respon fisik, sebagai pemberi ekspresi emosional, dan sebagai komunikasi antar pemain. Saran yang dapat diberikan adalah agar ditambahkan alat musik seperti gitar dan suling supaya musik pengiringnya menjadi lebih ramai dan lebih bervariasi. Disamping itu agar musik pengiring/lagu dalam seni bela diri Capoeira dibukukan untuk mempermudah latihan bagi pemusik pemula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bentuk, fungsi, musik, beladiri, capoeira.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2012 00:42
Last Modified: 20 Sep 2012 00:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15548

Actions (login required)

View Item View Item