Le développement d’un Média de L’apprentissage en la Compétence de compréhension Écrite pour Lycéen de la Classe XI


Yanik Budiningrum, , 2301405058 (2012) Le développement d’un Média de L’apprentissage en la Compétence de compréhension Écrite pour Lycéen de la Classe XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Le développement d’un Média de L’apprentissage en la Compétence de compréhension Écrite pour Lycéen de la Classe XI] Microsoft Word (Le développement d’un Média de L’apprentissage en la Compétence de compréhension Écrite pour Lycéen de la Classe XI) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Bagi siswa SMA, pelajaran membaca bahasa Prancis sangat sulit karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan. Karena kesulitan-kesulitan tersebut siswa memerlukan media yang menarik agar dapat dengan mudah menguasai pelajaran membaca bahasa Prancis. Salah satu usaha yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran membaca berbasis gambar Media pembelajaran tersebut dimasukkan dalam wadah ”macromedia flash”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran membaca berbasis gambar untuk siswa kelas XI. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa kelas XI dalam memahami bacaan berbahasa Prancis. Bagi guru untuk menambah variasi cara pengajaran guru dengan memanfaatkan media audio visual. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan atau research and development (R&D). Metode ini terdiri dari sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun karena terbatasnya waktu, peneliti hanya mengadopsi lima langkah yakni merumuskan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi, dan revisi desain. Hasil pengembangan ini adalah sebuah model pembelajaran membaca berbasis gambar bertema sebagai pengantar pelajaran membaca bahasa Prancis yang yang bertema keluarga, warna, nama pakaian dan nama benda di dalam kelas. Media ini dibuat sesuai dengan materi yang terdapat pada kelas XI siswa SMA. Di dalam media ini terdapat gambar, bacaan, tulisan dan suara (audio) untuk lebih memperjelas materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Membaca, media pembelajaran, gambar bertema, Macromedia Flash.
Subjects: P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 06:49
Last Modified: 19 Sep 2012 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item View Item