Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP bahasa Jawa Kompetensi Berbicara Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang


Puji Risqiati, , 2102408098 (2012) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP bahasa Jawa Kompetensi Berbicara Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP bahasa Jawa Kompetensi Berbicara Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang] Microsoft Word (Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP bahasa Jawa Kompetensi Berbicara Kelas VII SMP Negeri 30 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Karakter merupakan aplikasi dari nilai-nilai kebaikan dalam cara berpikir serta berperilaku sesuai dengan moral yang berlaku. Pada saat terjadi krisis karakter seperti sekarang ini, Kemendiknas merevitalisasi pengintegrasian pendidikan budi pekerti ke dalam pembelajaran di sekolah dengan menggunakan istilah pendidikan karakter. Pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam kurikulum KTSP dilakukan ke semua perangkat pembelajaran, mulai dari silabus, RPP, dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran. Dalam RPP bahasa Jawa yang disusun oleh guru SMP Negeri 30 Semarang, pengintregasian pendidikan karakter ditemukan dalam semua aspek keterampilan berbahasa, termasuk aspek berbicara. Nilai karakter yang dikembangkan umumnya mengacu pada Kemendiknas, namun pada mata pelajaran bahasa Jawa juga terdapat karakter yang bersumber dari budaya Jawa. Menurut Saryono nilai budaya terbagi menjadi nilai religius, nilai filosofis, nilai etis, dan nilai estetis. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam RPP bahasa Jawa kompetensi berbicara kelas VII SMP Negeri 30 Semarang. Tujuan yang akan dicapai yaitu mendeskripsi nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam RPP bahasa Jawa kompetensi berbicara kelas VII SMP Negeri 30 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah RPP bahasa Jawa kompetensi berbicara kelas VII SMP Negeri 30 Semarang. Data penelitian ini berupa kata-kata atau kalimat dalam RPP yang diduga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi atau kajian isi. Analisis isi menggunakan teori budaya Jawa yang dikemukakan oleh Saryono dalam bukunya yang berjudul “Sosok Nilai Budaya Jawa”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam RPP bahasa Jawa kompetensi berbicara kelas VII SMP Negeri 30 Semarang mengandung nilai-nilai karakter berbasis budaya Jawa. Nilai-nilai karakter yang ditemukan antara lain, nilai religius, nilai filosofis, nilai etis, dan nilai estetis. Tiap-tiap nilai tersebut masih terbagi menjadi beberapa ragam nilai. Ragam-ragam tersebut meliputi; ragam keselamatan dan kesempurnaan terdapat pada nilai religius; ragam kemapanan, keselarasan, dan kebersamaan terdapat dalam nilai filosofis; ragam kebijaksanaan dan kekasihsayangan terdapat dalam nilai etis; serta ragam keterpesonaan dan keterhanyutan terdapat dalam nilai estetis. Saran yang dapat diberikan penulis yaitu guru hendaknya dalam mengembangkan nilai-nilai karakter dalam RPP bahasa Jawa kompetensi berbicara lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, RPP, kompetensi berbicara
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 02:32
Last Modified: 19 Sep 2012 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15530

Actions (login required)

View Item View Item