Campur Kode dan Alih Kode Pada Tuturan Siswa SMP Negeri 1 Cimanggu, Kabupaten Cilacap

Agi Kustri Juniawan, , 2102408050 (2012) Campur Kode dan Alih Kode Pada Tuturan Siswa SMP Negeri 1 Cimanggu, Kabupaten Cilacap. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Cimanggu merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Cilacap. Masyarakat di Cimanggu adalah masyarakat yang unik karena budayanya merupakan percampuran budaya Jawa dan Sunda. Hampir setiap orang di Cimanggu menguasai tiga bahasa, yakni bahasa Jawa, Sunda, dan Indonesia. Kebiasaan multilingual juga terbawa pada saat anak-anak berada di sekolah, terutama ketika pelajaran bahasa Jawa berlangsung. Percampuran dua bahasa atau lebih pada tuturan bahasa Jawa dialami siswa di beberapa sekolah menengah yang ada di Cimanggu. Salah satu kejadian tersebut dijumpai di SMP Negeri 1 Cimanggu. Berdasarkan hal tersebut peneliti melihat adanya campur kode dan alih kode pada tuturan siswa di SMP Negeri 1 Cimanggu, Kabupaten Cilacap. Adanya fenomena tersebut secara kebahasaan menarik untuk diteliti. Berdasarkan uraian tersebut, campur kode dan alih kode pada tuturan siswa di SMP Negeri 1 Cimanggu, Kabupaten Cilacap dijadikan topik penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara teoretis dan pendekatan secara metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan sosiolinguistik. Sedangkan pendekatan penelitian secara metodologis terbagi menjadi dua, yaitu pendekatan kualitatif dan deskriptif. Data penelitan ini berupa data lisan dan tulisan siswa yang dianggap relevan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bertujuan untuk menghimpun data yang dibutuhkan untuk keperluan penelitian laporan, yaitu teknik simak, teknik pancing, dan teknik wawancara. Temuan hasil penelitian ini adalah wujud campur kode pada tuturan siswa di SMP N 1 Cimanggu adalah (1) campur kode bahasa Jawa Banyumasan ke bahasa Sunda dan (2) campur kode bahasa Jawa Banyumasan ke bahasa Indonesia. Adapun wujud alih kode pada tuturan siswa di sekolah tersebut adalah (1) alih kode bahasa Jawa Banyumasan ke bahasa Indonesia, (2) alih kode bahasa Jawa Banyumasan ke bahasa Sunda, (3) alih kode bahasa Sunda ke bahasa Jawa Banyumasan, (4) alih kode bahasa Sunda ke bahasa Indonesia, (5) alih kode bahasa Indonesia ke bahasa Jawa Banyumasan, serta (6) alih kode antarragam bahasa Jawa dan alih kode antardialek bahasa Jawa. Alih kode antarragam bahasa Jawa yang dijumpai addalah alih kode bahasa Jawa Ngoko ke bahasa Jawa Krama, adapun alih kode antardialek bahasa Jawa yang ditemukan adalah alih kode bahasa Jawa Standar ke bahasa Jawa Banyumasan. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode pada tuturan siswa di SMP N 1 Cimanggu adalah karena (1) ingin menghargai orang lain, (2) kebiasaan berbahasa Sunda atau Indonesia, dan (3) ingin menjelaskan sesuatu. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya alih kode pada tuturan siswa di sekolah tersebut adalah (1) peserta tutur ingin mengimbangi bahasa mitra tutur, (2) hadirnya orang ketiga pada percakapan, (3) menghormati lawan bicara, (4) menjelaskan atau mempertegas keadaan, dan (5) gengsi terhadap lawan bicara Berdasarkan hasil penelitian yang telah disebutkan, maka saran yang dapat disampaikan peneliti adalah siswa melakukan campur kode dan alih kode secara bijak sesuai dengan kondisi, sebab, dan tujuannya agar tuturan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, sehingga hubungan bersosialisasi di sekolah terjalin dengan baik dan akrab. Selain itu peneliti juga menyarankan penelitian terkait keadaan bahasa yang ada di daerah perbatasan terutama pada ranah pendidikan ini dilanjutkan agar informasi linguistik di daerah perbatasan bertambah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: campur kode dan alih kode, tuturan siswa.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 22:29
Last Modified: 18 Sep 2012 22:29

Actions (login required)

View Item