Analisis Cost Benefit Dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usaha Tambak Bandeng Di Kecamatan Tugu Kota Semarang


Husain Ali Halim , 7450406044 (2012) Analisis Cost Benefit Dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usaha Tambak Bandeng Di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Cost Benefit Dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usaha Tambak Bandeng Di Kecamatan Tugu Kota Semarang] Microsoft Word (Analisis Cost Benefit Dan Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Usaha Tambak Bandeng Di Kecamatan Tugu Kota Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Kecamatan Tugu merupakan salah satu wilayah yang terdapat lahan tambak bandeng terluas di Kota Semarang, namun produksi bandeng di sini masih tergolong rendah dari yang seharusnya dapat dicapai. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh penggunaan faktor produksi yang belum efisien oleh para petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat efisiensi penggunaan faktor produksi usaha tambak bandeng di Kecamatan Tugu Kota Semarang yang terdiri dari efisiensi teknis, efisiensi alokatif/harga, dan efisiensi ekonomi serta analisis cost benefit pada usaha tambak bandeng di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah petani tambak bandeng Kecamatan Tugu Kota Semarang yang berjumlah 427 petani sebagai responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Area Random Sampling sehingga diperoleh petani tambak yang berjumlah 81. Variabel independen terdiri dari luas lahan, tenaga kerja, benih, pakan, dan pupuk, sedangkan variabel dependen adalah produksi bandeng. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah fungsi produksi frontier stokastik. Dari hasil penelitian diperoleh nilai efisiensi teknik 0,9146, efisiensi harga sebesar 3,100, dan efisiensi ekonomi sebesar 2,8353. Nilai return to scale sebesar 1,2002 yang menunjukkan usaha tambak bandeng berada pada increasing return to scale, yaitu apabila tiap unit tambahan input menghasilkan tambahan output yang lebih banyak dari pada unit input sebelumnya. Untuk perhitungan cost benefit hasil sebesar 1,6289 yang berarti nilai cost benefit lebih dari satu maka usaha tambak bandeng di Kecamatan Tugu Kota Semarang layak di usahakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata efisiensi teknis, efisiensi harga (alokatif) dan efisiensi ekonomi ini sejalan dengan return to scale yang menunjukkan bahwa belum tercapai kondisi efisien pada usaha tambak bandeng di Kecamatan Tugu Kota Semarang yang berarti masih terdapat peluang untuk mencapai kondisi yang optimal dan mengembangkan usaha tambak bandeng di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Dalam penelitian ini dapat disarankan kepada petani tambak bandeng hendaknya memanfaatkan faktor-faktor produksi yang dimilikinya secara proporsional agar dapt mencapai efisiensi sehingga usaha tambak bandeng yang dijalankan dapat memberikan keuntungan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cost Benefit, Efisiensi, Faktor Produksi, Usaha Tambak Bandeng
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Sep 2012 09:19
Last Modified: 19 Sep 2012 09:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15526

Actions (login required)

View Item View Item