Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Menggambar pada TK Pertiwi Larangan Kulon Tahun Pelajaran 2011/2012


Ngatiyah, 1601910039 (2012) Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Menggambar pada TK Pertiwi Larangan Kulon Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Menggambar pada TK Pertiwi Larangan Kulon Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Menggambar pada TK Pertiwi Larangan Kulon Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Mengembangkan kemampuan menulis pada anak memerlukan peran penting pendidik. Menulis merupakan salah satu alat komunikasi dan sebagai alat menyatukan pikiran dan perasaan kepada orang lain. Menulis juga bagian terpenting yang harus dimiliki oleh anak -anak maupun orang dewasa. Permasalahan dalam penelitian ini 1) bagaimana cara meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggambar di TK Pertiwi Larangan Kulon. 2) apakah penerapan strategi pembelajaran melalui kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Larangan Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui cara meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggambar di TK Pertiwi Larangan Kulon. 2) mengetahui penerapan strategi pembelajaran melalui kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Larangan Kulon. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang diambil pada saat pelaksanaan penelitian baik oleh peneliti maupun kolaborator yang terdiri dari pengamatan terhadapa anak dan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Data sekunder diperoleh dari studi dokumen yang telah dimiliki oleh anak didik tentang hasil belajarnya yang berkaitan dengan menulis huruf, juga pendapat siswa tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan tidak secara resmi di luar jam pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan 1) cara meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggambar di TK Pertiwi Larangan Kulon dapat dilihat dari kenaikan persentasi dari setiap siklus. Pada kondisi 35,5%, siklus I 38%, siklus II 59,5% sehingga naik 21,5% sedangkan pada siklus III diperoleh 82% sehingga naik 22,5%. jadi total kenaikan persentase dari siklus awal sampai siklus akhir adalah 46,5%, merupakan kenaikan yang sangat signifikan, 2) penerapan strategi pembelajaran melalui kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Larangan Kulon dilihat dari pelaksanaan tindakan yang dilakukan pada siklus I, II, III menggambarkan penerapan kegiatan menggambar pada proses pembelajaran menjadikan menarik dan menyenangkan sehingga pada akhir pembelajaran di siklus 3 mencapai rata-rata klasikal 82 atau mencapai KKM. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah 1) cara meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggambar di TK Pertiwi Larangan Kulon dimulai dari memberikan rangsangan oleh guru ke anak, Kemudian anak berdasarkan imajinasinya membuat gambar seperti yang ditampilkan guru dan menuliskan nama-nama benda/peristiwa alam yang digambarkan, 2) penerapan strategi pembelajaran melalui kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Larangan Kulon dapat meningkatkan partisipasi aktif anak aktif karena metode ini berorientasi pada pemecahan masalah melalui proses belajar juga jawaban dari rumusan hipotesis sementara yang muncul, pengumpulan data, dan terakhir adalah kesimpulan, sehingga dengan masalah yang disajikan dapat melatih partisipasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis, kegiatan menggambar, anak usia 5-6 tahun.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 01:42
Last Modified: 19 Sep 2012 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item